Sponsors Link

10 Penyebab Telinga Berdarah Tiba-tiba Sangat Berbahaya

Sponsors Link

Telinga berdarah adalah salah satu hal yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Mengenali penyebab telinga berdarah serta memahami cara pencegahan dan pengobatanya tentu akan sangat berguna untuk menjaga performa tubuh. Namun sebelum beranjak lebih jauh mengenai telinga sakit, mari kita terlebih dahulu mengenal lebih jauh organ telinga kita.

ads

Telinga pada dasarnya adalah sebuah indera/organ yang membantu manusia untuk membedakan bunyi-bunyian yang ada di sekitarnya. Telinga bekerja dengan cara menangkap suara/bunyi dalam bentuk gelombang sebelum dilanjutkan dengan proses interpretasi yang dilakukan otak dan sistem saraf pusat.

Setiap makhluk hidup yang termasuk dalam golongan vertebrata secara alamiah memiliki sepasang telinga dengan bentuk dan keunikanya masing-masing. Manusia sebagai entitas di dalamnya memiliki sepasang telinga yang telah terbentuk secara sempurna semenjak janin masih di dalam kandungan.

Telinga berdarah sendiri adalah salah satu indikasi yang dapat terjadi pada telinga kita bahwa adanya ketidaknormalan bahkan keadaan buruk yang sedang dialami telinga. Telinga berdarah tentu akan membuat panik beberapa dari kita yang baru pernah mengalaminya. Keadaan ini juga harus segera diberikan penanganan khusus agar tidak merembet menjadi sakit yang lebih parah dari sebelumnya. Berikut adalah penyebab dan cara menangani telinga berdarah

  1. Otitis Media

Otitis Media adalah suatu kondisi penumpukan cairan berlebihan pada gendang telinga. Keadaan ini akan membuat keadaan turunya amplitudo dari bunyi yang membuat menurunya kemampuan telinga dalam mendengarkan bunyi. Dalam dunia medis, penyakit ini dikenal sebagai otitis media with effusion.

Penyebab dari penyakit ini adalah tertutupnya saluran eustachius karena penyempitan atau penyumbatan. Keadaan ini akan memaksa cairan merembes ke dalam telinga tengah dari jaringan yang ada di sekitarnya. Inilah asal mula cairan lengket seperti lem muncul. Pada kasus tertentu anda juga akan mengalami kejadian telinga berdarah apabila mengidap penyakit ini.

Pencegahan : Menjaga kebersihan telinga, tidak mendengarkan TV, radio, ataupun stereo dengan volume keras dalam waktu yang lama.

Pengobatan : Apabila terjangkit penyakit ini, segeralah hubungi dokter spesialis untuk segera meminta pemasangan grommet. Grommet adalah suatu saluran  kevil yang dimasukan ke dalam telinga tengah melalui sayatan kecil di gendang telinga.  Melalui pemasangan grommet, cairan yang terperangkap di dalam telinga akan memiliki saluran drainasenya sendiri untuk segera keluar. Pemasangan grommet juga akan membuat tekanan udara pada telinga tengah ekuivalen dengan udara luar.

  1. Barotrauma

Barotrauma adalah suatu keadaan dimana terjadinya perbedaan tekanan secara drastis di luar tubuh manusia. Pada beberapa kasus, barotrauma mungkin akan menimbulkan gangguan ringan pada telinga. Pada tingkatan tertentu, barotrauma dapat menyebabkan telinga berdengung dan ketidaknyamanan dalam mendengar. Namun pada kasus eksktrim, barotrauma juga dapat memunculkan pendarahan pada telinga kita.

Telinga pada dasarnya terdiri dari berbagai macam bagian. Salah satunya adalah saluran eustachius. Saluran ini adalah sebuah membran yang menghubungkan bagian belakang hidup dengan bagian telinga tengah. Udara yang berada di bagian telinga tengah akan terus-menerus diserap oleh lapisan membran dan dipasok melalui saluran eustachius. Mekanisme ini akan membuat tekanan udara pada kedua sisi gendang telinga akan tetap seimbang dengan tekanan udara di sekitar anda.


Namun pada kenyataanya, saluran ini dapat terhambat karena berbagai alasan. Salah satunya adalah terganggu karena flu. Perubahan ketinggian atau tekanan udara yang drastis juga merupakan faktor mayor lainya dari telinga sakit. Saat saluran eustachius terhambat, maka akan terjadi vakum pada rongga telinga yang menyebabkan tekanan pada gendang telinga. Keadaan vakum ini akan membuat telinga berdenging, tidak nyaman, maupun nyeri.

Selisih tekanan yang tidak dapat ditolerir  dapat mencederai gendang telinga.  Seorang yang mengalami cedera pada gendang telinga akan merasakan nyeri yang cukup parah sepanjang hari serta sakit kepala yang luar biasa menyiksa. Apabila selisih antara tekanan udara di dalam dan di luar tubuh terpaut terlalu jauh, gendang telinga dapat mengalami luka sobek maupun pecah. Keadaan ini akan menyebabkan hilangnya kemampuan seorang untuk mendengar secara permanen dan pendarahan.

Namun keadaan ini dapat disiasati dengan cara membuka blok pada telinga. Apabila ditelaah dengan komprehensif, akar masalah dari telinga sakit yang satu ini adalah perbedaan tekanan udara di dalam dan di luar tubuh. Maka dari itu dapat dilakukan beberapa usaha yang dapat menyamakan kembali tekanan pada dua daerah tersebut.

Pertama, menelan ludah. Pada saat kita menelan ludah, gerakan peristaltik akan mengaktifkan otot yang membuka saluran eustachius. Gerakan ini akan membantu pembukaan pada blok telinga sehingga dengan cepat akan terjadi ekualisasi tekanan di dalam tubuh terhadap tekanan udara sekitar. Beberapa orang yang sering bepergian menggunakan pesawat terkadang lebih memilih untuk mengunyah permen karet. Hal ini dapat membantu ekualisasi tekanan karena saat kita mengunyah permen karet, kita cenderung menelan ludah lebih banyak

Kedua, menggerakan rahang secara berulang. Apabila sudah terjadi gejala awal seperti bunyi mendengung di telinga saat bepergian dengan pesawat, anda dapat menggerakan kedua rahang anda beberapa kali hingga keadaan telinga nyaman. Gerakan rahang juga memicu aktifnya otot yang membuka saluran eustachius sehingga cukup efektif untuk mengatasi telinga sakit.

Ketiga, menutup hidung lalu membuang napas. Cara ini adalah cara paling ampuh untuk dilakukan bagi anda yang mengalami telinga sakit namun gagal melakukan ekualisasi dengan dua cara di atas. Cara ini juga sering digunakan para diver untuk melakukan ekualisasi tekanan apabila sedang berada di kedalaman laut. Bagi anda yang sedang flu ataupun memiliki sinusitis, cara ketiga ini dapat segera membebaskan anda dari telinga sakit akibat perbedaan tekanan yang drastis. Tentunya beberapa hal yang harus diperhatikan adalah proses membuang napas tidak boleh terlalu kuat atau disentak secara kasar. Pada proses ini, anda harus dengan bertahap membuang napas dalam keadaan hidup yang ditutup secara bertahap dari lemah ke kuat. Membuang napas dengan tiupan yang terlalu kuat hanya akan memperburuk keadaan dan mungkin mencederai telinga ke tingkat yang lebih parah. Selamat mencoba!

  1. Infeksi Telinga

Infeksi telinga adalah keadaan dimana terjadi suatu luka yang membusuk pada bagian telinga. Keadaan ini dapat terjadi karena benturan benda keras atau goresan pada telinga. Pemakaian benda tajam dalam membersihkan telinga merupakan salah satu faktor terjadinya infeksi telinga. Pada dasarnya telinga yang terkena infeksi dapat mengeluarkan cairan nanah, namun tidak menutup kemungkinan juga dalam keadaan yang parah, infeksi telinga dapat membuat keadaan telinga berdarah dapat terjadi pada anda.

Pencegahan : Jagalah kebersihan telinga serta alat pembersih telinga, hindari mengorek telinga dengan kuku, peniti, atau jepit rambut, obati pilek dan sinusitis secepatnya,

Pengobatan : apabila sudah terjadi infeksi pada telinga ( baik di telinga luar, tengah, ataupun dalam ) terdapat beberapa cara pengobatan yang dianjurkan bergantung pada tingkat keparahanya. Diantaranya adalah obat tetes telinga, obat pereda nyeri, bahkan operasi.

  1. Benda Asing pada Telinga

Pada dasarnya telinga kita terdiri dari jaringan halus yang cukup rentan dengan segala benda asing yang mungkin masuk ke dalam telinga ktia. Pada beberapa kasus tertentu juga keadaan masuknya benda asing pada telinga dapat memicu telinga berdarah dan membuat sakit telinga. Benda asing ini dapat berasal dari berbagai macam sumber. Seperti misalnya serangga atau bahkan pengorek telinga. Yang lebih parahnya lagi dalam beberapa kasus, dapat ditemukan telinga berdarah karena penggunaan benda tajam untuk mengorek kotoran telinga. Apabila anda adalah orang yang sadar akan kebersihan dan keselamatan, sebisa mungkin hindari penggunaan benda tajam dan keras untuk membersihkan telinga anda, walaupun sudah terasa gatal sekalipun.

Apabila anda sudah terlanjur mengalami luka hingga telinga anda berdarah, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Apabila luka berasal dari goresan atau sayatan benda tajam, maka anda dapat membersihkan luka tersebut dan memberikan obat merah pada bagian yang terluka. Namun apabila pendarahan terjadi karena organ dalam telinga yang terluka, maka anda jelas membutuhkan penanganan khusus dari dokter ahli untuk segera mengobatinya.

  1. Suara Keras

Apabila sedari tadi kita telah membahas penyebab telinga berdarah dari keadaan sakit dan juga infeksi, ternyata masih ada banyak penyebab yang dapat menimbulkan suatu keadaan telinga berdarah pada diri kita. Selain sebagai akibat dari beberapa kondisi seperti infeksi, nyatanya suara yang sangat keras juga dapat memberikan luka yang cukup parah bagi telinga anda.

Pada dasarnya telinga bekerja dengan cara meresonansikan bunyi untuk kembali digetarkan oleh gendang telinga. Maka dari itu telinga terdiri dari organ halus yang dapat bergetar dan lentur. Bunyi yang terlampau keras tentunya dapat memberikan dampak secara langsung bagi kesehatan telinga. Dalam beberapa kasus pula, bunyi yang keras dapat merobek bagian dalam telinga sehingga muncul pendarahan. Dalam keadaan seperti ini anda disarankan untuk segera pergi ke dokter untuk mendapatkan pengecekan yang lebih mendalam terkait keadaan telinga anda.

  1. Trauma Pada Organ telinga

Telinga berdarah memiliki banyak sekali penyebab dan kemunculan. Kadangkala ada saja suatu penyebab yang tidak dapat ditebak atau cukup mengejutkan. Penyebab lainnya yang mungkin terjadi pada penderita telinga berdarah yang dapat menyebabkan munculnya gangguan, tidak lain tidak bukan adalah karena adanya suatu trauma dan juga cedera yang terjadi pada bagian telinga atau yang biasa disebut organ pendengaran. Proses pendengaran yang terjadi pada manusia merupakan proses yang panjang. Proses pendengaran pada dasarnya melibatkan banyak sekali organ. Beberapa organ yang terlibat pada proses ini adalah seperti tulang pendengaran, gendang telinga, hingga syaraf pendengaran.

Ada beberapa hal dimana terjadi suatu kecelakaan yang cukup parah dan dapat menyebabkan suatu gangguan tertentu pada telinga kita. Salah satu hal yang kemungkinan menyebabkan terjadinya cedera dan trauma pada organ pendengaran tersebut adalah suatu kecelakaan yang dialami oleh manusia. Yang dimaksud kecelakaan disini bukan hanya mengacu pada suatu keadaan dalam berkendara, namun kecelakaan dengan arti yang lebih luas seperti suatu kejadian yang membuat telinga mengalami dampak tekanan yang cukup parah. Cedera atau trauma inilah yang pada akhirnya dapat menyebabkan kemunculan gejala berupa telinga berdarah. Dalam suatu ambang batas tertentu, atau dalam kondisi trauma dan cedera yang dialami terlalu parah maka anda perlu berhati hati. hal terburuk yang dapat terjadi adalah kondisi tuli total atau tidak bisa mendengar sama sekali.

Apabila anda dalam keadaan terpaksa harus menemui kejadian seperti ini, anda disarankan untuk segera pergi ke dokter untuk pengkajian lebih menyeluruh. Pasalnya suatu trauma yang sampai menyebabkan keadaan pendarahan tentunya adalah keadaan yang tidak bisa ditolerir lagi. Keadaan tersebut dapat digolongkan ke dalam situasi yang cukup mendesak dan gawat apabila tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat.

  1. Trauma di Bagian Kepala

Pada dasarnya keadaan ini hampir sama seperti sebelumnya. Namun keadaan yang membedakan adalah sumber cedera yang berpusat di kepala. Keadaan ini tentu akan membuat anda menjadi sangat terganggu dalam hal pendengaran. Biasanya trauma yang terjadi pada kepala akan diakibatkan oleh benturan yang cukup keras sehingga membutuhkan penanganan yang serius. Apabila hal ini terjadi pada anda, segera lakukan pengecekan secara menyeluruh pada bagian kepala dan telinga anda.

  1. Kanker pada Telinga

Apabila sedari tadi kita sudah membahas beberapa keadaan yang dapat menyebabkan keadaan telinga berdarah yang biasa saja, kita akan berlanjut pada penyebab yang lebih serius atau lebih mengerikan. Ya betul, salah satu penyebab keadaan telinga berdarah kanker pada bagian telinga. Pada dasarnya keadaan Ini merupakan  penyebab terburuk dari kondisi telinga berdarah.

Ya anda tidak salah dengar atau membaca. Telinga berdarah salah satunya dapat disebabkan oleh kemunculan kanker pada telinga. Tentu ini adalah hal yang sangat mengerikan bagi anda sekalian. Mendengar salah satu penyebab ini tentunya membuat kami akan terus mengingatkan anda bahwa jangan sepelekan menjaga kesehatan dan kebersihan telinga, Pengecekan secara serius oleh tenaga medis profesional akan membuat anda menjadi lebih awas dan lebih sigap untuk menangani penyakit yang lebih berat dengan lebih tanggap.

Apabila anda sudah terkena kanker telinga, tentunya penanganan medis intensif dan rutin adalah satu-satunya cara penyembuhan yang bisa anda lakukan. Usaha untuk memperbaiki dan menyembuhkanya tentu tidak akan dapat memberikan hasil yang maksimal.

  1. Otalgia

Otalgia adalah sebuah penyakit yang juga biasa disebut telinga berdengung. Hal ini biasanya dikarenakan oleh beberapa macam faktor yang sangat beragam. Potensi menjadi penyebab telinga berdarah juga bergantung dari tingkat keparahan dari gejala yang timbul tersebut. Untuk pembagianya pun, otalgia dibagi menjadi dua golongan besar.

Yang pertama adalah Otalgia Primer. Penyakit ini biasa disebabkan oleh nyeri yang berasal dari telinga baik pada bagian dalam dan tengah telinga. Pada beberapa kasus ditemukan pula bahwa benda dalam kehidupan sehari-hari dapat menjadi penyebab otalgia primer seperti cottonbud dan bahkan kapas yang tertinggal di dalam telinga. Mikroba patogen uga dalam beberapa kasus dapat berperan aktif sebagai penyebab utama. Mikroba tersebut dapat berupa Candida maupun Staphylococcus. Beberapa trauma pada bagian telinga juga mendasari penyebabnya. Otitis media juga masuk dalam gejala otalgia primer ini.

Selain itu juga ada yang disebut otalgia sekunder. Otalgia sekunder disebabkan karena sakit dari luar telinga yang menjadi penyebab telinga berdengung dan nyeri telinga. Hal ini bisa jadi datang karena pengaruh dari sakit saluran nafas. Adapula berbagai sumber yang menyatakan otalgia sekunder dapat disebabkan karena manifestasi sakit gigi berujung menyebar pada bagian telinga.


Pada dasarnya permulaan penyakit telinga yang satu ini termasuk termasuk pada golongan penyakit saraf. Selanjutnya hal inilah yang menjadi pusat dari segala nyeri yang dirasakan, begitu pula sampai dengan ke telinga. Padahal apabila diteluusri lebih lanjut, biasanya penyebab utamanya adalah adanya sakit pada bagian tubuh lainn yang kemudian merambat pada jaringan syaraf yang menyebar.

Pengobatan pada bagian ini dilakukan sesuai dengan gejala awal penyebabnya. Apabila sumber permasalahan adalah infeksi, maka bisa diberikan beberapa jenis antibiotik. Dalam keadaan sakit, anda juga perlu mewaspadai konsumsi berbagai macam makanan yang memang dapat membahayakan kesehatan hidung dan telinga seperti kebiasaan merokok dan alkohol. Menghindari polusi tidak sehat juga dapat menjadi salah satu jalan penyembuhan bagi anda.

  1. Otitis Eksterna

Otitis eksterna Merupakan gejala dari peradangan telinga yang berpotensi menimbulkan gejala nyeri maupun pembentukan nanah dan darah pada bagian telinga. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh parasit maupun mikroorganisme jenis bakteri batang , namun beberapa kasus juga disebabkan oleh bakteri tipe kokus sebagai penginfeksi dan tak ketinggalan pula beberapa jenis jamur.

Pengobatan otitis eksterna dapat dilakukan dengan rajin membersihkan telinga menggunakan obat oles untuk mengurangi infeksi yang merebak. Anda juga perlu memberikan obat anti nyeri sekaligus untuk meringankan terjadinya peradangan yang terjadi. Pemberian senyawa antibiotik sebagai cara pelumpuhan terhadap jenis mikroorganisme patogen juga dapat menjadi salah satu alternatif penyembuhan. Jika terdapat penyebab sakit akibat alergi maka pengobatan terhadap penyakit sumber untuk meminimalisir efek dari alergi harus diberikan pada pasien. Apabila disebabkan oleh infeksi jamur maka diperlukan penanganan untuk pembasmian jamur juga harus diberikan demi tahap pengobatan dan pemulihan gejala yang diderita.

Berikut adalah beberapa penyebab dari telinga berdarah dan cara penangananya yang dapat kami berikan pada anda. Pada dasarnya kami akan senantiasa mengingatkan kepada anda sekalian bahwa menjaga kesehatan dan kebersihan telinga adalah hal yang wajib anda lakukan setiap waktu demi menjaga perfomansi dari telinga anda. Sedikit kerusakan pada telinga tentunya dapat sangat mengganggu aktivitas anda selama berhari-hari dan akan mempersulit proses komunikasi anda dengan keluarga dan orang tercinta. Melakukan penanganan yang tepat apabila terjadi pendarahan juga menjadi kunci utama menuju kesembuhan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab