Sponsors Link

15 Penyebab Telinga Berdengung Terus

Sponsors Link

Telinga adalah salah satu organ yang penting bagi tubuh kita. Keberadaan telinga membuat kita bisa mendengar dan juga mengetahui informasi dari berbagai sumber. Telinga juga merupakan alat kelengkapan komunikasi sehari-hari yang penting dan sangat membantu interaksi antar manusia. Telinga memiliki beberapa fungsi vital yang memegang kunci kehidupan sehari-hari pada manusia. Jelas maka dari itu penting bagi kita untuk dapat menjaga kesehatan pada telinga. Suatu kekurangan kecil saja pada telinga kita, maka akan berdampak cukup parah bagi kelancaran keseharian kita.

ads

Tentu setiap organ tubuh manusia tidak luput dari kata sakit dan gangguan. Salah satunya adalah telinga. Banyak sekali penyakit yang dapat menjangkit organ kita yang satu ini. Maka dari itu karena telinga harus dijaga performansinya setiap hari dan setiap waktu, segala gangguan harus dapat diatasi secepat mungkin. Ditambah lagi memang gangguan yang ada pada telinga sangatlah beragam dan bermacam-macam. Mengenali beberapa gangguan yang ada pada telinga tentunya akan membantu kita untuk memberikan penanganan yang ekstra cepat untuk mencegah keadaan yang lebih parah.

Salah satu gangguan yang sering terjadi pada manusia terkait dengan telinga adalah telinga berdengung. Tentu setiap dari kita mungkin pernah merasakan perasaan ini, telinga berdengung. Ya seperti suatu keadaan dimana ada suara dan getaran tingkat tinggi pada telinga kita. Biasanya asalnya dari dekat daerah gendang telinga. Keadaan ini cukup mengganggu apabila terjadi secara terus menerus muncul sepanjang hari. Berikut adalah beberapa penyebab telinga berdengung yang mengganggu anda.

  1. Menurunya fungsi pendengaran

Salah satu penyebab terjadinya gejala telinga berdenging secara terus menerus karena adanya suatu penurunan fungsi pada telinga kita, atau fungsi pendengaran. Penurunan pada fungsi pendengaran ini terjadi karena seseorang sudah berada pada suatu usia tertentu. Keadaan ini adalah dimana telinga sudah mencapai suatu batas tertentu penggunaan dan akan mengalami penurunan fungsi. Salah satu efek samping yang sangat terasa dari penurungan fungsi pendengaran adalah munculnya gejala telinga yang selalu sering berdengung. Hal ini akan terjadi pada sewaktu-waktu atau bahkan pada suatu durasi yang cukup sering. Gangguan ini akan sangat menganggu penderitanya karena secara jelas akan terus menghantui pendengaranya.

  1. Trauma pada organ telinga

Telinga berdengung memiliki banyak sekali penyebab dan kemunculan. Kadangkala ada saja suatu penyebab yang tidak dapat ditebak atau cukup mengejutkan. Penyebab lainnya yang mungkin terjadi pada penderita telinga berdengung yang dapat menyebabkan munculnya gangguan berupa telinga yang sering menimbulkan suatu suara mengganggu pada telinga, tidak lain tidak bukan adalah karena adanya suatu trauma dan juga cedera yang terjadi pada bagian telinga atau yang biasa disebut organ pendengaran. Proses pendengaran yang terjadi pada manusia merupakan proses yang panjang. Proses pendengaran pada dasarnya melibatkan banyak sekali organ. Beberapa organ yang terlibat pada proses ini adalah seperti tulang pendengaran, gendang telinga, hingga syaraf pendengaran.

Ada beberapa hal dimana terjadi suatu kecelakaan yang cukup parah dan dapat menyebabkan suatu gangguan tertentu pada telinga kita. Salah satu hal yang kemungkinan menyebabkan terjadinya cedera dan trauma pada organ pendengaran tersebut adalah suatu kecelakaan yang dialami oleh manusia. Yang dimaksud kecelakaan disini bukan hanya mengacu pada suatu keadaan dalam berkendara, namun kecelakaan dengan arti yang lebih luas seperti suatu kejadian yang membuat telinga mengalami dampak tekanan yang cukup parah. Cedera atau trauma inilah yang pada akhirnya dapat menyebabkan kemunculan gejala berupa telinga berdenging terus menerus. Dalam suatu ambang batas tertentu, atau dalam kondisi trauma dan cedera yang dialami terlalu parah maka anda perlu berhati hati. hal terburuk yang dapat terjadi adalah kondisi tuli total atau tidak bisa mendengar sama sekali.


  1. Efek samping dari penggunaan obat

Seperti yang pernah dibahas pada ulasan diatas, bahwa telinga berdengung dapat disebabkan oleh beberapa hal yang terjadi pada manusia. Banyak sekali alasan dan penyebab yang dapat menimbulkan telinga berdengung yang terkadang tidak dapat anda sadari atau tebak. Salah satunya adalah efek samping penggunaan obat tertentu khususnya pada telinga. Tentunya beberapa obat memang dapat menyebabkan suatu efek samping bagi telinga anda. Salah satu efek samping yang dimaksud adalah menyebabkan telinga anda menjadi sering berdenging atau mengeluarkan suara dengungan. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh suatu konsumsi obat.

Memang beberapa kandungan obat dapat secara langsung menimbulkan gangguan berupa telinga yang berdenging terus menerus. Salah satu jenis obat yang menimbulkan telinga berdengung adalah aspirin. Maka dari itu bagi anda yang telah mengetahuinya, usahakan agar jangan terlalu sering mengkonsumsi jenis obat-obatan aspirin. Mengetahui atau memperhatikan jenis obat-obatan yang dapat menyebabkan efek samping pada telinga anda juga peneting. Hal ini dilakukan agar tidak menimbulkan efek buruk bagi telinga anda.

  1. Hipertensi atau tekanan darah tinggi

Suatu keadaan tidak sehat yang dialami oleh tubuh terkadang juga akan memiliki dampak pada organ tubuh lainya. Terkadang memang beberapa anggota tubuh memiliki antar keterkaitan dengan anggota tubuh lainya. Hal ini adalah suatu faktor pentingnya menjaga suatu kesehatan tubuh secara total atau secara keseluruhan.

Kondisi tekanan darah tinggi misalnya adalah salah satu kondisi yang bisa memicu munculnya keadaan telinga berdenging. Biasanya kondisi tekanan darah tinggi yang sedang kambuh memang dapat menyebabkan telinga menjadi terasa sangat tidak nyaman. Hal ini dapat merembet sehingga membuat telinga menjadi terasa sering berdengung karena tekanan darah yang terlalu tinggi. Karena memang ini adalah penyebab yang sering membuat telinga berdengung, maka anda perlu memperhatikanya dengan seksama. Jangan membiarkan keadaan hipertensi pada suatu batas tertentu yang dapat membahayakan tubuh anda dan juga telinga anda.

  1. Infeksi pada bagian telinga

Menjaga kesehatan telinga adalah hal yang mutlak perlu untuk dilakukan agar segera terhindar dari segala jenis gangguan dan penyakit pada telinga. Beberapa penyakit yang meyerang telinga tentunya dapat menyebabkan suatu keadaan telinga berdengung. Infeksi pada bagian telinga adalah salah satu kondisinya.Keadaan ini kemungkinan besar akan menyebabkan munculnya telinga berdengung secara terus menerus.

Infeksi telinga pada dasarnya bisa saja terjadi karena berbagai faktor yang bervariasi. Salah satuyang faktor dominan dapat menyebabkan infeksi pada telinga adalah kegiatan sehari-hari yang mungkin sering anda lakukan. Ya betul sekali! kondisi menggunakan headset yang berlebihan dan juga tidak steril. Aktivitas ini tentunya dapat menyebabkan kuman dan bakteri masuk secara bebas ke dalam telinga. Keadaan selanjutnya setelah telinga diserbu oleh kuman tentu saja dapat berakibat terjadinya infeksi pada bagian telinga anda. Suatu keadaan infeksi yang tidak dapat ditolerir lagi dapat menyebabkan beberapa penyakit pada telinga secara sekaligus. Salah satunya adalah keadaan telinga berdengung yang akan membuat anda menjadi sangat tidak nyaman.

  1. Adanya suatu timbunan lemak pada bagian telinga

Penyebab keadaan telinga berdengung sangat bermacam-macam dan mungkin sulit untuk ditebak. Penyebab yang satu ini mungkin membuat anda menjadi tidak percaya. Ya betul, salah satu keadaan yang dapat membuat munculnya kondisi telinga yang berdengung adalah adanya penumpukan. Namun bukan sembarang penumpukan, akan tetapi penimbunan lemak pada bagian telinga.Penumpukan lemak pada bagian telinga yang terjadi tentunya dapat menyebabkan pendengaran menjadi sedikit terhambat. Namun pada keadaan yang lebih parah, penumpukan telinga bukan hanya akan menghambat pendengaran, namun juga dapat menimbulkan efek berupa telinga yang menjadi sering berdengung.

  1. Munculnya tumor pada bagian kepala dan juga leher

Apabila sedari tadi kita sudah membahas beberapa keadaan yang dapat menyebabkan keadaan telinga berdengung yang biasa saja, kita akan berlanjut pada penyebab yang lebih serius atau lebih mengerikan. Ya betul, salah satu penyebab keadaan telinga berdengung adalah munculnya tumor pada bagian kepada dan juga leher. Pada dasarnya keadaan Ini merupakan  penyebab terburuk dari kondisi telinga yang berdengung.

Ya anda tidak salah dengar atau membaca. Telinga yang berdengung salah satunya dapat disebabkan oleh kemunculan tumor pada bagian kepala dan juga leher. Tentu ini adalah hal yang sangat mengerikan bagi anda sekalian. Mendengar salah satu penyebab ini tentunya membuat kami akan terus mengingatkan anda bahwa jangan sepelekan masalah telinga yang sering berdengung, Pengecekan secara serius oleh tenaga medis profesional akan membuat anda menjadi lebih awas dan lebih sigap untuk menangani penyakit yang lebih berat dengan lebih tanggap.

  1. Mendengarkan bunyi statis dan keras selama beberapa jam tanpa henti

Apabila sedari tadi kita telah membahas penyebab telinga berdengung dari keadaan sakit dan juga infeksi, ternyata masih ada banyak penyebab yang dapat menimbulkan suatu keadaan telinga berdengung pada diri kita. Selain sebagai akibat dari beberapa kondisi seperti infeksi, pengabaian terhadap hearing aid adalah salah satu pemicunya. Hearing aid pada dasarnya adalah regulasi mengenai intensitas suara maksimal yang dapat masuk ke telinga. Pengabaian akan hal ini akan dapat menyebabkan munculnya gangguan telinga yang berdengung secara terus menerus.

Keadaan semacam ini dapat terjadi di beberapa tempat yang membutuhkan anda setiap hari untuk pergi kesana atau tempat kerja sebagai rutinitas. Beberapa tempat kerja memang terkadang memiliki intensitas suara melebihi tempat lainya. Terutama mereka yang bekerja di suatu proyek yang mengabaikan keselamatan.

Untuk dapat mencegah terjadinya kondisi telinga yang berdengung secara terus menerus anda perlu memerhatikan beberapa hal. Salah satunya adalah dengan cara selalu merawat dan menjaga kesehatan dan kebersihan telinga anda. Hal ini memang dimaksudkan agar tidak mengalami infeksi. Selain itu, anda juga perlu untuk memberi perhatikan pada kemungkinan hal yang dilakukan . Terutama hal hal yang dapat menimbulkan kemungkinan terjadinya gangguan pada telinga anda.

  1. stres

Stress adalah salah satu hal atau kondisi yang berbahaya bagi tubuh. Stress dapat mengakibatkan berbagai macam ketidaksehatan pada kondisi kejiwaan maupun fisik manusia. Stress dapat ditimbulkan dari berbagai faktor, salah satunya adalah suatu kondisi depresi akibat suatu keadaan atau beban kerja. Pada dasarnya pada kondisi ini tubuh dapat dengan sangat mudah terkena berbagai macam penyakit yang bahkan terkadang tidak bisa ditebak!

Salah satu penyakit yang dapat ditimbulkan dari stress adalah keadaan telinga berdengung. Akibat stress yang anda alami, memang panca indra adalah organ yang sering terganggu terlebih dahulu selain sakit kepala. Menjaga kondisi prima agar terbebas dari berabagi macam ancaman akan menjadi penting bagi anda untuk dapat terlepas dari ancaman kesehatan yang serius. Melakukan pembagian waktu dan beban kerja yang seimbang serta istirahat yang cukup akan dapat membebaskan anda dari penyakti ini

  1. Alergi

Alergi adalah suatu reaksi alamiah dari tubuh untuk menangkal segala jenis benda asing pada tubuh. Banyak sekali reaksi yang akan dimunculkan tubuh semata untuk melawan alergi atau alergen yang masuk. Salah satu jenis reaksi alergi yang mungkin belum pernah anda temukan dapat ditunjukkan dengan gejala telinga berdengung. Pada suatu kondisi alergi yang terjadi pada telinga anda, keadaan telinga berdengung adalah suatu respon pertama yang mungkin anda temui sebelum terjadi gejala lain.

Selain menimbulkan keadaan telinga yang berdengung, ternyata alergi juga bisa memicu kemunculan lendir pada bagian telinga tengah. Kondisi tersebut apabila tidak memperoleh penanganan yang serius dan sesegera mungkin bisa saja menyebabkan tekanan yang lebih besar. Pembiaran alergi secara terus menerus dalam rentang waktu yang cukup lama juga dapat membahayakan anda. Keadaan terburuk adalah dapat menimbulkan infeksi berkelanjutan dan meluas.

  1. Penyakit Meniere

Salah satu penyakit yang dapat menimbulkan keadaan telinga berdengung adalah penyakit meniere. Penyakit Meniere adalah salah satu jenis penyakit yang mempengaruhi telinga bagian dalam dan sistem vestibular. Sistem vestibular sendiri merupakan sistem yang membantu untuk menjaga keseimbangan tubuh. Apabila terjangkit penyakit ini, organ Corti pada koklea akan menjadi bengkak. Hal ini akan memicu hilangnya pendengaran. Hal ini juga dapat barang tentu dapat menyebabkan pusing berat (vertigo), kurangnya keseimbangan, tinnitus, sakit telinga, dan rasa tertekan.

Diagnosis dari penyakit ini biasanya ditentukan berdasarkan gejala dan hasil tes pendengaran. Sayangnya hingga saat ini penyebab jelas dari menyakit meniere belum juga ditemukan. Para peneliti berpendapat bahwa itu mungkin terjadi akibat peningkatan cairan di telinga bagian dalam. Pengobatan untuk orang dengan penyakitmeniere termasuk obat-obatan untuk membantu mengendalikan pusing dan retensi cairan dalam tubuh, dan perangkat yang memberikan tekanan udara ke telinga tengah.

Operasi juga mungkin menjadi diperlukan untuk menanganinya. Jika Anda mengalami gangguan pendengaran atau rasa sakit pada telinga. Anda sangat disarankan untuk segera memeriksakanya ke dokter untuk memastikan penyakit telinga apa yang sedang Anda alami, dan dengan demikian akan lebih cepat mendapatkan pertolongan yang sesuai.

Seperti yang telah diinformasikan barusan, penyakit meniere pada hakikatnya adalah salah satu jenis penyakit yang berbahaya. Permasalahan yang sangat serius dapat terjadi dari Meniere apabila tidak ditangani secara serius dan cepat. Salah satu indikasi yang dapat anda perhatikan adalah keadaan telinga berdengung yang ada.


  1. Gangguan pada saraf

Pada beberapa kasus, telinga berdengung dapat disebabkan dari suatu keadaan saraf yang sedang menderita gangguan. Beberapa saraf yang terletak pada telinga memiliki antarkeaitan pada sistem pendengaran kita sekarang. Pada dasarnya adanya suatu gangguan pada saraf tersebut dapat menyebabkan berbagai macam gangguan pada telinga, salah satunya adalah menyebabkan telinga berdengung. Kerusakan yang parah pada saraf bagian ini tentu akan dapat menimbulkan suatu kerusakan yang lebih parah bahkan tuli total.

  1. Diet Terlalu Ketat

Diet memang salah satu kegiatan yang dapat mengontrol kesehatan dan performa tubuh. Salah satu bonus dari diet adalah mendapatkan bentuk tubuh ideal dan proporsional. Namun siapa sangka justru melakukan diet yang salah akan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit lainya. Salah satunya adalah telinga berdengung. Hal ini lumrah terjadi apabila asupan gizi yang masuk ke tubuh anda tidak dipantau secara mendalam. Kekurangan gizi tentu akan menimbulkan berbagai macam gangguan pada kesehatan anda salah satunya adalah telinga berdengung ini.

  1. Sakit Gigi

Sakit gigi adalah suatu gangguan yang dapat dirasakan dan mengenai siapa saja. Pada saat seseorang sedang mengalami sakit gigi, makan orang tersebut akan merasa tersiksa karena banyaknya gangguan yang terjadi pada diri orang tersebut. Pada beberapa kasus, keadaan sakit gigi yang parah dapat menyebar hingga ke beberapa ruas di bagian tubuh. Salah satunya adalah telinga. Pada beberapa kasus juga ditemukan sakit gigi bahkan dapat membuat seseorang merasakan pengalaman telinga berdengung. Sakit yang dialami akan sangat mengganggu dan seseorang dapat merasakan sakit kepala dan kehilangan nafsu makan sekaligus pada tingkat keparahan yang sudah akut.

  1. Efek beberapa penyakit lain

Sama halnya dengan sakit gigi, beberapa penyakit lain yang diderita oleh tubuh dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya telinga berdengung. Sebut saja anemia dan diabetes. Penyakit-pentakit tersebut bukan hanya mengganggu fungsi tubuh pada daerah tertentu. Namun lebih parahnya lagi dapat menyebabkan suatu gangguan yang dapat menjalar hingga ke fungsi tubuh yang lain. Pada tingkat kerusakan tertentu, penyakit ini dapat menyebabkan gangguan telinga berdengung pada diri anda. Kekurangan performansi dari kelenjar tiroid juga dapat menyebabkan penyakit telinga berdendung. Pada beberapa kasus, sindrom  sendi temporomandibular juga dapat menyebabkan telinga berdengung pada anda.

Itu tadi adalah beberapa hal yang dapat menimbulkan penyakit telinga berdengung. Banyak sekali sebab-sebab lain yang mungkin dapat menyebabkan gangguan serupa pada telinga anda. Oleh sebab itu menjaga kesehatan telinga secara total akan dapat menghindarkan anda dari penyakit yang mungkin menyerang telinga, salah satunya adalah telinga berdengung ini. Kenali diri anda dan kesehatan lingkungan anda untuk memaksimalkan perawatan pada telinga anda. Penanganan secara dini terhadap berbagai macam penyakit dan gangguan telinga akan membebaskan anda dari penyakit yang lebih parah untuk kedepanya!

, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab