Sponsors Link

10 Penyebab Telinga Keluar Darah yang Harus Cepat Ditangani

Sponsors Link

Ada macam macam penyakit telinga dan juga kebiasaan buruk yang bisa menjadi penyebab telinga keluar darah. Infeksi yang terjadi pada telinga akibat telinga berdarah tentunya juga sangat mengganggu aktivitas sehari hari dan menurunkan fungsi telinga sebagai alat pendengaran sekaligus mengurangi keseimbangan tubuh secara tidak langsung. Supaya anda bisa terhindar dari berbagai masalah dari telinga khususnya penyebab telinga berdarah, ada baiknya anda mengetahui secara tepat apa saja yang menjadi penyebab telinga keluar darah sehingga bisa melakukan langkah pencegahan sedini mungkin.

ads
  1. Otitis Media

Otitis media merupakan penyebab telinga keluar darah yang pertama. Otitis media atau lebih sering disebut dengan radang telinga bagian tengah ini sangat berhubungan erat dengan masalah infeksi atau radang faring di usia dini. Otitis media ini juga bisa terjadi karena ketulian telinga yang dialami seseorang dan juga mengganggu fungsi daun telinga secara menyeluruh.

  1. Otalgia Primer

Otalgia primer umumnya bisa menyebabkan rasa nyeri yang terjadi pada telinga dalam, tengah dan juga serambi luar telinga. Otalgia primer ini terjadi karena penggunaan alat pembersih telinga berupa kapas seperti cotton buds yang tertinggal di dalam telinga sehingga menyebabkan pertumbuhan bakteri candida atau staphylococcus yang kemudian menyebabkan keluar darah dari telinga.

  1. Gendang Telinga Pecah

Pecahnya gendang telinga juga menjadi penyebab telinga keluar darah dengan gejala yang sangat beragam. Tusukan yang terjadi pada gendang telinga juga akan menimbulkan gejala seperti gangguan pendengaran, vertigo, penyebab telinga sakit, dering di dalam telinga serta mual dan muntah.

  1. Berada di Ketinggian

Saat seseorang berada di ketinggian tertentu, tekanan berlebihan akan terjadi di area telinga sehingga timbul penyebab telinga keluar darah atau dalam istilah kedokteran dikenal dengan istilah barotrauma. Tekanan secara berlebihan yang terjadi pada telinga tersebut akan menyebabkan gendang telinga pecah dan mengeluarkan darah dari telinga bagian dalam.

  1. Benda Asing Dalam Telinga

Masuknya benda asing ke dalam telinga bisa semakin masuk terdorong khususnya saat dibersihkan dengan cotton buds yang juga menjadi penyebab telinga berdengung. Benda asing tersebut nantinya akan menusuk gendang telinga dan akhirnya pendarahan pun terjadi dengan gejala seperti sakit pada telinga, gangguan pendengaran dan juga pusing.

  1. Kanker Saluran Telinga

Salah satu jenis kanker yang langka yakni kanker telinga juga bisa menjadi penyebab telinga keluar darah. Beberapa gejala yang ditimbulkan dari kanker telinga diantaranya adalah sakit atau sensasi tertekan pada telinga, sakit kepala, sakit di area wajah atau mati rasa dan penglihatan yang kabur atau menurun.


  1. Trauma di Kepala

Kecelakaan, terjatuh dan juga terbentur bisa menyebabkan trauma di bagian kepala yang juga berdampak pada timbulnya pendarahan dari bagian telinga. Ini bisa terjadi karena pendarahan di sekitar otak sehingga harus sesegera mungkin mencari pertolongan medis untuk mengatasi penyebab telinga berdarah.

  1. Cedera Kulit Superfisial

Cedera kulit superfisial merupakan trauma dalam kadar ringan yang terjadi pada kulit di area dalam telinga seperti luka yang akan menimbulkan pendarahan dari telinga. Gejala yang ditimbulkan dari gangguan telinga ini diantaranya adalah rasa sakit ringan di sekitar luka yang bisa disebabkan karena penggunaan tip Q atau membersihkan telinga secara kasar atau tindikan telinga.

  1. Pangkal Tengkorak Patah

Patahnya pangkal tengkorak telinga juga bisa menyebabkan darah keluar dari telinga atau otorrhea dan juga pendarahan dari hidung atau rhinorrhea. Pendarahan ini bisa terjadi karena pecahnya pembuluh darah akibat pangkal tengkorak yang patahan melukai pembuluh darah tersebut yang juga bisa menjadi penyebab anak sering mimisan.


  1. Demam Berdarah

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui jika tahap akhir dari demam berdarah juga bisa menyebabkan pendarahan di telinga. Ini bisa terjadi karena virus demam berdarah memecah pembuluh darah dan akhirnya pendarahan terjadi dari beberapa lubang di tubuh seperti telinga dan hidung.

Penyebab telinga keluar darah tidak hanya bisa terjadi karena beberapa penyakit yang berhubungan dengan telinga, namun juga bisa terjadi akibat dari penyakit lain yang tidak berhubungan dengan telinga dan juga karena kebiasaan buruk dalam memperlakukan telinga yang sering dilakukan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab