Sponsors Link

4 Penyebab Telinga Tidak Bisa Mendengar dengan Jelas

Sponsors Link

Penyebab telinga tidak bisa mendengar diketahui sangat banyak jenisnya dan banyak juga caranya untuk dapat menyerang anda dalam keseharian anda. Itulah mengapa anda harus selalu waspada dan jangan sampai telinga anda rusak karenanya. Telinga rusak atau tidak dapat menjalankan fungsinya lagi dapat terjadi sebagai akibat dari kerusakan yang dipicu penyebab eksternal ataupun internal.

ads

Tentu hasilnya adalah gangguan pendengaran bahkan mungkin telinga tidak bisa mendengar dan terjadi juga bahaya gendang telinga pecah. Telinga tidak bisa mendengar ini diketahui sebagai situasi atau kondisi di mana telinga anda sedang mengalami gangguan saraf-saraf di bagian gendang telinga yang menyebabkan tidak dapat menangkap bunyi. Apakah yang menjadi penyebabnya?

Kondisi di mana anda tidak dapat mendengar sering disebut sebagai kondisi yang dikarenakan  adanya penumpukan bakteri yang selanjutnya pun menimbulkan infeksi di bagian dalam rongga telinga. Sehingga cepat atau lambat, telinga anda pun mengalami gejala seperti nyeri dan kemudian kemampuan pendengaran anda pun melemah secara signifikan.

Anda perlu mengetahui apa saja cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasinya. Tidak hanya itu, anda pun perlu mengetahui apa saja penyebabnya. Mengetahui penyebab telinga tidak bisa mendengar ini dibutuhkan untuk menentukan cara mengatasinya yang paling tepat.

Penyebab Telinga Tidak Bisa Mendengar dengan Jelas

Seperti dijelaskan sebelumnya mengetahui apa saja penyebab dari telinga anda yang kehilangan fungsinya sehingga tidak bisa mendengar ini sangat anda butuhkan. Hal ini dapat membuat anda menjadi lebih waspada sekaligus juga dapat menjadi upaya pencegahan juga untuk menghindarkannya.

Lalu anda juga tertarik bukan mengetahui apa saja jenis penyebab tersebut? Jika iya, maka berikut ini informasi yang menarik untuk anda pelajari dan semoga juga dapat bermanfaat untuk anda.

  1. Telinga Tidak Bisa Mendengar karena Infeksi di Gendang Telinga

Salah satu faktor penyebab mengapa anda mendadak merasakan telinga anda tidak bisa mendengar dengan jelas inidapat terjadi karena adanya infeksi gendang telinga dibagian tengah . Alasannya infeksi di gendang telinga bagian tengah yang biasanya akan menerima suara dan menghubungkannya untuk didengar dan direspon.

Jika gendang telinga rusak dan fungsi gendang telinga pada manusia tidak berjalan, maka anda akan sulit untuk mendengar. Kondisi ini tidak bisa anda atasi sendiri. Sebaiknya, anda mencoba menghubungi dokter THT untuk membantu mengobati gendang telinga anda mulai dari anda mengetahuinya.

  1. Telinga Tidak Bisa Mendengar karena Penumpukkan Kotoran

Kedua, kondisi di mana anda tidak dapat mendengar dengan jelas menggunakan telinga anda dapat disebabkan karena sering masuknya kotoran berupa bakteri ke dalam rongga telingga sehingga terjadi penumpukan mulai dari salurang telingga hingga ke bagian dalam rongga telinga.


Akhirnya, akan terjadi gangguan pada sistem saraf-saraf telinga yang tidak lagi sensitif menangkap suara sebagai akibat dari penumpukan kotoran yang menghalangi penangkapan suara seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Jadi pastikanlah untuk selalu membersihkan telinga dengan rutin. Saat membersihkan telinga lakukanlah cara yang aman dan perlahan-lahan.

  1. Telinga Tidak Bisa Mendengar karena Penggunaan Earphone Terlalu Keras

Tahukah anda apa itu earphone? Earphone adalah alat yang digunakan untuk membantu anda mendengar suara langsung ke telinga anda. Sering kali, anda tidak sadar bahwa earphone yang anda gunakan volumenya terlalu keras. Jika anda gunakan earphone dengan volume terlalu keras ini akan mengakibatkan saraf-saraf telinga anda rusak bahkan juga menjadi penyebab gendang telinga sakit.

Tidak hanya itu saja, anda pun akan mengalami masalah pada gendang telinga. Paling parahnya, gendang telinga anda juga mungkin pecah dan akhirnya anda benar benar tidak bisa mendengar sama sekali. Jadi waspadalah dan hindari penggunaan earphone tidak semestinya tadi.


  1. Telinga Tidak Bisa Mendengar karena Faktor Usia

Faktor internal dari diri penderita yang dapat menyebabkan tidak bisa mendengar adalah karena faktor usia. Saat usia anda semakin menua, diketahui bahwa kemampuan mendengar anda pun akan menurun. Jadi sebaiknya anda lebih menjaga kesehatan telinga anda di waktu muda, agar tidak cepat menurun fungsinya di usia tua. Selamat mencoba menjaga kesehatan telinga dengan cara merawat telinga agar tidak tuli sejak dini.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai apa saja penyebab telinga tidak bisa mendengar yang dapat anda alami. Seperti disebutkan sebelumnya ada jenis penyebab yang terjadi dari diri penderita, ada juga yang dipengaruhi oleh penyebab dari luar diri penderita.

Berbagai penyebab itu sebaiknya anda waspadai dari sekarang. Jangan sampai anda terlambat dan membuat anda tidak bisa melakukan pencegahan terkait kemungkinan anda mengalami gangguan pendengaran. Jadi lebih baik anda segera melakukan cara menjaga kesehatan telinga secara alami untuk menghindarkan berbagai penyakit tersebut.

Jika anda sudah terlanjur mengalami gangguan pendengaran, maka cobalah anda untuk melakukan upaya mengatasi yang paling tepat. Demikianlah semoga anda dapat segera menemukan cara terbaik untuk membantu anda kembali memiliki pendengaran yang normal dan sehat.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Telinga