Sponsors Link

13 Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Bangun Tidur Yang Suka Luput

Sponsors Link

Tenggorokan sakit adalah hal yang tidak terlalu membahayakan. Banyak orang enggan ambil pusing saat tenggorokannya terasa sakit. Namun rasa tidak nyaman saat tenggorokan sakit akan menjadi masalah tersendiri saat anda harus malakukan aktivitas yang berkaitan dengan mulut seperti presentasi pekerjaan kantor. Rasa sakit pada tenggorokan dapat terjadi secara tiba-tiba seperti saat bangun tidur. Dan dapat menyerang setiap orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Penyebab Sakit Tenggorokan Sapai Ke Telinga, saat menelan ludah, sedang flu atau Penyebab tenggorokan sakit saat bangun tidur sebenarnya hampir sama. Namuan ada beberapa hal yang membedakan seperti beberapa hal dibawah ini:

ads
  1. Alergi

Alergi merupakan reaksi sebuah sistem kekebalan tubuh atau sistem imun kita terhadap hal yang dianggap berbahaya walaupun sebenarnya tidak. Alergi memang tidak dapat disembuhkan namun bisa dihindari. Beberapa zat yang membuat alergi atau alergen biasanya adalah debu, bulu hewan peliharaan, dan serbuk sari bunga. Reaksi alergi pada tubuh manusia berbeda-beda seperti gatal-galat pada kulit, ruam, kulit kemerahan, sesak nafas, hingga menyerang tenggorokan yang menyebabkan sakit tenggorokan.

  1. Sinusitis

Sinusitis juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan saat bangun tidur. Sinusitis dapat menyebabkan iritasi pada organ pernafasan kita termasuk tenggorokan. Karena itu lah tenggorokan terasa sakit setelah bangun tidur. Penyebab Sinusitis sendiri karena beberapa faktor kesehatan sistem pernafasan dan mulut.

  1. Cuaca

Cuaca yang berubah dengan cepat seperti dari panas ke hujan atau hujan ke panas juga dapat membuat tenggorokan tiba-tiba terasa sakit saat bangun tidur. Hal itu juga bisa terjadi saat anda mendatangi tempat dingin yang sebelumnya belum pernah anda datangi. Saat anda tidur malam hari didaerah itu cuaca akan terasa sangat dingin dan udara menjadi kering. Sehingga tenggorokan ikut kering dan terasa sakit saat bangun tidur.

  1. Bernafas melalui mulut

Saat tidur biasanya anda tidak sadar dengan kebiasaan membuka mulut dan bernafas melalui mulut. Dengan bagitu udara yang terus menerus melawati tenggorokan akan membuat tenggorokan kering dan sakit saat bangun tidur.

  1. Berbicara terlalu lama

Saat anda bekerja seharian dengan banyaknya jadwal presentasi yang mengharuskan anda untuk berbicara juga dapat membuat tenggorokan sakit saat bangun tidur.

  1. Rokok

Menjadi perokok aktif atau pasif memiliki kecenderungan hampir sama dalam hal menghirup racun yang dikeluarkan rokok tersebut. Racun atau asap rokok yang terhirup dan mengendap ditenggorokan akan mengakibatkan tenggorokan terasa sakit. Biasanya asap rokok yang terhirup dengan sengaja ataupun tidak sengaja tidak akan langsung berdapak pada tenggorokan namun akan terakumulasi dahulu sampai akhirnya akan merasakan tenggorokan terasa sakit. Karena itu, bisa saja saat bangun tidur tenggorokan anda terasa sakit akibat akumulasi asap rokok yang terhirup saat berkativitas.

  1. Makanan pedas

Mengkonsumsi makanan pedas setiap hari secara berlebihan juga akan berdampak pada kesehatan tenggorokan kita.  Tenggorokan secara umum memiliki dua fungsi yaitu menyalurkan makanan melewati kerongkongan dan menyalurkan udara kesistem pernafasan. Karena itu tidak hanya faktor udara saja yang dapat menyebabkan sakit pada tenggorokan namun juga faktor makanan yang kita makan. Makan makanan pedas secara terus menerus akan membuat tenggorokan terasa panas sehingga dapat terjadi peradangan dan sakit pada tenggorokan.

  1. Makanan Kering

Selain makanan pedas makanan kering seperti keripik tanpa dibarengi dengan minum yang cukup juga membuat tenggorokan terasa tidak enak. Sisa-sisa keripik yang tidak sempurna dihancurkan oleh mulut akan menumpuk di tenggorokan dan menyebabkan sakit.


  1. Minuman asam dan manis

Tidak hanya makanan saja, minuman juga dapat menjadi penyebab tenggorokan sakit saat bangun tidur. Minuman yang terlalu asam atau manis akan membuat rasa tersebut seperti tersangkut ditenggorokan. Akhirnya membuat tenggorokan terasa tidak nyaman dan lebih parah lagi terasa sakit.

  1. Kafein

Bisanya kafein terdapat pada minuman seperti kopi dan teh. Meminum kedua minuman tersebut secara berlebihan dan dalam konsentrasi yang kental dapat membuat tenggorokan kita juga terasa sakit. Karena itu untuk menghindari hal itu kita perlu membilas tenggorokan kita setelah minum teh dan kopi dengan air putih.

  1. Tenggorokan kering

Tengggorokan kering merupakakn penyebab tenggorokan sakit saat bangun tidur yang sering sekali terjadi. Jika terlalu lama tertidur kita biasanya juga dapat menerasakan dehidrasi atau kekurangan cairan. Hal itu juga berdampak pada keringnya tenggorokan.

  1. Penyakit refluks asam

Penyakit ini juga dikenal dengan nama refluks gastroesofage dimana isi lambung akan naik kembali ke kerongkongan hingga tenggorokan. Karena itu saat bangun tidur akan terasa sakit, nyeri, hingga perasangan pada kerongkongan dan tenggorokan.

  1. Tumor

Tumor pada bagian mulut dapat terjadi pada tenggorokan, lidah, atau pita suara. Salah satu ciri tumor pada tenggorokan adalah sakit pada bagian tenggorokan. Namun hal ini harus diperiksa lebih jauh lagi ke dokter ahli untuk memastikannya.

, ,




Oleh :
Kategori : Penyebab