Sponsors Link

Waspadailah 12 Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah

Sponsors Link

Siapa yang tidak pernah mengalami sakit tenggorokan? Penyakit tersebut umum dialami banyak orang, mungkin termasuk anda. Sakit tenggorokan merupakan gejala penyakit yang menyerang faring atau daerah sekitar amandel akibat infeksi oleh virus (bisa juga disebabkan bakteri, namun lebih sering disebabkan oleh virus). Infeksi oleh virus yang menyebabkan sakit tenggorokan biasanya berasal dari berbagai sumber, salah satunya yaitu virus influenza. Infeksi virusnya sendiri menyebar lewat batuk, bersin, atau kebiasaan tidak mencuci tangan.

ads

Ada banyak tanda yang menunjukkan bahwa anda  terkena sakit tenggorokan, diantaranya yaitu tenggorokan yang terasa sakit saat menelan ludah, sakit yang menyebar ke area telinga, amandel yang membengkak, tenggorokan yang berwarna kemerahan, dll. Diantara gejala-gejala tersebut yang sering kita jumpai adalah tenggorokan yang terasa sakit saat menelan ludah. Rasa sakit di tenggorokan yang kita rasakan saat menelan ludah kemudian membuat kita jadi malas untuk makan atau minum. Bagaimana tidak, jika menelan ludah sakit apalagi menelan makanan yang bentuknya lebih padat. Dengan pemikiran seperti, kedepannya penyakit yang anda derita akan lebih kompleks lagi. Pertanyaannya, mengapa saat menelan ludah tenggorokan kita terasa sakit. Rupanya ada 12 penyebab yang dapat menjabarkan mengapa tenggorokan kita sakit saat menelan ludah.

Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah

Berikut adalah beberapa penyebab tenggorokan sakit sat menelan ludah yang mungkin belum banyak orang ketahui mari simak ulasannya:

  1. Radang tenggorokan

Radang tenggorokan merupakan penyebab umum mengapa anda kesulitan untuk menelan ludah. Radang tenggorokan terjadi akibat infeksi bakteri yang menyerang tenggorokan. Infeksi tersebut kemudian menyebabkan peradangan yang membuat tenggorokan dan amandel jadi membengkak sehingga kita sulit untuk menelan.

  1. Sariawan

Sariawan memang biasa sering kita jumpai di sekitar gusi, namun pada beberapa kasus sariawan dapat terjadi di bagian atas atau belakang tenggorokan. Sariawan biasa sering kali membutuhkan waktu agak lama agar sembuh, apalagi yang letaknya di area sekitar tenggorokan yang sulit terlihat. Akibatnya proses penyembuhannya memakan waktu lebih lama, dan kondisi tersebut bisa jadi salah satu penyebab mengapa anda merasa sakit saat menelan ludah.

  1. Radang paru-paru (pneumonia)

Radang paru-paru terjadi akibat bakteri yang terdapat di air liur kita turun dan berakhir di paru-paru. Bisa juga lantaran terdapat makanan yang tersangkut di paru-paru. Ada beberapa orang, mungkin termasuk anda, yang terbiasa makan dengan terburu-buru. Makanan yang dimakan dengan terburu-buru sering tidak tercerna dengan baik dan kemudian turun ke paru-paru. Makanan atau cairan yang sudah ada di paru-paru akan menjadi penghalang, sehingga menyebabkan pembengkakan.

  1. Difteri

Penyakit satu ini rupanya juga membuat anda sulit untuk menelan ludah. Difteri merupakan penyakit dimana bakteri bernama Corynebacterium diphtheria menginfeksi area sekitar hidung dan tenggorokan. Gejala awalnya sering kali dimulai dengan sakit tenggorokan disertai demam. Dalam beberapa kasus, muncul bercak berwarna putih atau abu-abu di tenggorokan.  Kemudian bertambah parah dan menyebabkan beberapa gangguan lain seperti batuk dan menghalangi jalannya napas. Leher pun jadi membengkak akibat kelenjar getah bening membesar. Akibatnya tenggorokan jadi terasa sakit saat menelan ludah.


  1. Maag

Tenggorokan yang sakit saat menelan ludah rupanya bisa diakibatkan oleh maag. Asam lambung dari perut dapat naik menuju ke mulut sehingga mengiritasi dan membahayakan tenggorokan serta pita suara. Hal tersebut pun kemudian menyebabkan peradangan yang hasilnya anda sulit menelan ludah.

  1. Alergi

Coba ingat-ingat apakah sebelum tenggorokan anda sakit saat menelan ludah, alergi anda sempat kambuh? Jika iya, berarti rasa sakit saat menelan disebabkan oleh alergi anda. Sistem kekebalan tubuh yang bereaksi dengan pemicu alergi (debu, makanan, bulu binatang, dsb) akan melepaskan zat kimia yang menyebabkan sakit pada tenggorokan. Tak hanya itu, dahak pada hidung mengalir ke bagian belakang tenggorokan sehingga menyebabkan iritasi pada tenggorokan. Akibat iritasi, anda pun sulit menelan ludah.

  1. Obat-obatan

Pasti banyak yang bertanya mengapa obat merupakan salah satu penyebab anda sulit atau sakit saat menelan ludah. Obat-obatan memang digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk sakit tenggorokan. Namun beberapa obat rupanya menimbulkan efek samping yang dapat menyebabkan sakit saat menelan. Penyebabnya karena obat tersebut dapat mengurangi jumlah saliva di dalam mulut. Apalagi pada malam hari, obat cenderung menyebabkan lapisan mulut dan tenggorokan menjadi kering, sehingga memicu terjadinya iritasi.

  1. Udara yang kering

Perhatikan udara di sekitar anda! Udara yang kering di sekitar anda mungkin jadi salah satu penyebab mengapa anda merasa sakit saat menelan ludah. Dalam keadaan sehat, orang cenderung bernapas lewat hidung dibanding mulut. Akan tetapi saat anda sedang terserang flu, anda cenderung akan bernapas lewat mulut. Saat anda bernapas lewat mulut, hidung anda berperan sebagai pelembab udara. Praktis kelembapan tersebut terambil lebih dahulu di hidng sebelum dikirim ke tenggorokan dan masuk ke paru-paru. Di sisi lain jika anda bernapas lewat hidung, udara yang kering di sekeliling anda masuk lewat mulut dan akan mengiritasi tenggorokan. Hal tersebut menyebabkan tenggorokan menjadi kesat, sehingga saat menelan ludah tenggorokan terasa sakit.

  1. Tegang otot

Sehabis menonton konser idola, bernyanyi bersama teman di tempat karaoke, mengajar di kelas, atau membawakan acara di sebuah pesta umumnya membuat suara anda menghilang atau parau akibat berbicara dengan keras atau berteriak. Dalam beberapa kasus rupanya kegiatan tersebut dapat membuat anda kesakitan saat menelan ludah. Pasalnya untuk mengeluarkan suara yang keras anda terlalu memacu otot tenggorokan anda. Hasilnya, anda dapat mengalami sakit tenggorokan kronis.


  1. Rokok

Banyak orang yang sudah mengetahui bahwa rokok dapat menyebabkan banyak penyakit, salah satunya yaitu menyebabkan tenggorokan anda sakit saat menelan ludah. Mengapa bisa terjadi demikian? Rupanya panas yang ditimbulkan dari asap rokok membuat tenggorokan kering sehingga tenggorokan terasa sakit dan menyebabkan peradangan. Akibatnya anda pun kesulitan untuk menelan ludah karena terasa sakit sekaligus membuat anda batuk. Hal yang sama seperti di atas juga dapat dialami oleh perokok pasif.

  1. Makan-makanan yang mempunyai sisi tajam

Makanan ringan (snack), kerupuk, atau keripik sering jadi andalan banyak orang saat tidak ingin makan dalam jumlah besar alias hanya mengganjal perut. Namun jika diperhatikan sepintas, makanan-makanan tersebut rupanya memiliki sisi yang agak tajam dibanding makanan lain.  Sisi-sisi makanan tersebut rupanya tanpa kita sadari membuat tenggorokan kita mengalami iritasi. Akibatnya tenggorokan anda sakit dan anda kesulitan saat menelan ludah.

  1. Asap/Polusi

Tidak jauh berbeda dengan rokok, asap juga merupakan salah satu penyebab tenggorokan anda sakit saat menelan ludah. Misalnya di sekitar anda sedang terjadi kebakaran, dan tanpa sengaja anda menghirup asap yang berasal dari tempat kebakaran. Asap tersebut dapat menghasilkan zat-zat kimia yang dapat menyebabkan luka ketika terjadi kontak dengan selaput lendir. Zat-zat kimia yang terhirup itu mengganggu jalannya saluran pernapasan. Gangguan tersebut pun memunculkan potensi dimana dapat menyebabkan peradangan dan gangguan pernapasan.

, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab