Sponsors Link

4 Perawatan Pada Hidung Patah Agar Tidak Semakin Parah

Sponsors Link

Orang-orang yang memiliki aktivitas berat baik terkait dengan hobi maupun pekerjaan memiliki kemungkinan untuk mendapatkan kecelakaan. Salah satu akibat dari kecelakaan di bagian wajah adalah patah hidung.

ads

Patah hidung bisa menyebabkan radang, ketahui cara mengobati radang hidung setelah Anda memahami dengan benar perawatan pada hidung yang patah.

Ada beberapa perawatan pada hidung patah yang perlu Anda lakukan dengan rutin dan cermat agar patah hidung tidak parah atau membuat komplikasi pada penyakit lainnya, yakni dengan melakukan beberapa hal berikut ini.

  1. Bernapas Melalui Mulut

Fungsi utama dari hidung adalah sebagai pangkal dari sistem pernapasan. Hidung adalah organ tubuh paling sempurna untuk bernapas karena miliki peralatan alami untuk menyaring berbagai jenis udara luar yang berbahaya saat masuk ke dalam sistem tubuh manusia. Dengan begitu, manusia akan terbebas dari segala jenis kuman, bakteri, dan virus jahat.

Akan tetapi ketika Anda mengalami patah tulang, fungsi tulang menjadi hilang. Bernapas melalui hidung cenderung akan memberikan pengaruh buruk atau komplikasi. Maka untuk sementara, bernapaslah melalui mulut. Meski tidak memiliki peralatan alami sesempurna hidung, bernapas melalui mulut bisa memperkecil kemungkian patah hidung semakin parah.

  1. Tidur dengan Posisi Kepala Lebih Tinggi

Salah satu komplikasi yang mungkin terjadi ketika mengalami patah hidung adalah pendarahan masuk ke dalam sistem pernapasan. Kondisi ini akan memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk terjadi ketika Anda tidur karena efek gravitasi.

Oleh karena itu, usahakan untuk menggunakan lebih banyak bantal agar posisi kepala lebih mendongak saat tidur dan lakukan cara merawat hidung agar sehat dan terbebas dari bahaya rhinitis.

  1. Mengompres Hidung dengan Air Dingin

Hal yang harus selalu siap sedia ketika Anda mengalami patah tulang adalah handuk kompres dan air dingin atau air es. Mengompres di area hidung bisa meredakan berbagai keluhan karena patah hidung. Air dingin atau air es diketahui mampu mempersempit saraf dan pembuluh darah. Dengan kata lain, rasa sakit dan pendarahan bisa sedikit teratasi.

Cara mengompres patah hidung harus dilakukan dengan hati-hati. Upayakan jangan menekan terlalu keras atau menyimpan beban di hidung agar tidak patahan tidak semakin parah. Lakukanlah kompresan dengan lembut dengan interval 10 hinga 15 menit selama empat kali sehari.


  1. Mengonsumsi Obat Pereda Sakit

Untuk mengatasi rasa sakit yang menyerang karena hidung patah, Anda disarankan untuk mengonsumsi obat-obatan jenis antihistamin yang bisa meredakan rasa sakit.

Obat pereda rasa sakit banyak dijual di pasaran. Anda bisa membelinya sendiri atau atas anjuran apoteker maupun dokter. Jenis obat pereda rasa sakit yang umum digunakan adalah paracetamol dan ibuprofen.

Perawatan pada hidung patah harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak menimbulkan keluhan lain. Patah hdung yang disertai dengan deviasi septum bisa berakibat pada penyakit lain seperti, komplikasi rhinitis, maupun penyebab polip.

Jika perawatan tidak kunjung membuat keluhan membaik, segerelah berkonsultasi dengan dokter untuk melakukan pengobatan lebih lanjut seperti cara meluruskan tulang hidung yang bengkok dengan tindakan closed reduction atau operasi septoplasti.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Hidung