Sponsors Link

9 Perawatan Pasca Operasi Polip Hidung Paling mudah Dilakukan

Sponsors Link

Polip hidung adalah tumbuhnya jaringan didalam hidung yang berupa benjolan kecil pada dinding saluran pernapasan di hidung. Hal ini ditandai dengan hidung yang tersumbat, gatal di sekitaran mata, serta nyeri pada bagian wajah atau sakit kepala.

ads

Salah satu langkah yang dilakukan untuk menyembuhkan penyakit ini adalah dengan operasi secara endoskopik, yaitu dengan memasukkan pipa elastis kecil dengan lensa kamera di ujungnya.  Setelah melakukan proses operasi, kemungkinan kamu akan mengalami beberapa keluhan seperti kerak halus didalam hidung hingga pendarahan, tapi tenang saja karena ini sifatnya hanya sementara.

Lalu, bagaimana cara mudah mencegah polip di hidung dan mengatasi hal tersebut agar Anda dapat dengan memulihkan kondisi Anda kembali? Berikut beberapa cara alami mengobati polip hidung perawatan pasca operasi polip hidung yang alami dan cepat  juga cara mengobati tinnitus secara alami dapat Anda coba.

1. Banyak minum air putih

Air putih memang merupakan minuman yang dapat membuat tubuh Kita tetap sehat, baik itu untuk diet ataupun sedang dalam tahap penyembuhan. Dengan mengonsumsi air putih yang cukup dapat membantu proses pemulihan pasca operasi polip hidung.

Ini dikarenakan air putih memiliki sifat alami yang baik untuk kesehatan dan dapat menjaga kekebalan tubuh Anda. Oleh Sebab itu, penderita polip hidung sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih sesuai dengan kebutuhan tubuh, terutama pasca melakukan operasi.

2. Menghindari Asap Rokok

Rokok merupakan salah satu hal yang dapat membahayakan seseorang, terutama perokok pasif atau yang berada disekitar peroko aktif. Ini merupakan pantangan setelah operasi sinusitis dan operasi polip hidung. Dengan menghindari asap rokok di sekeliling Anda, akan mempercepat penyembuhan pasca operasi polip hidung dan tidak membahayakan hidung Anda.

3. Hindari Minuman Beralkohol

Dalam minuman beralkohol terdapat kandungan zat yang dapat membahayakan tubuh Anda. Ketika Anda mengonsumsi alkohol, maka proses penyembuhan pasca operasi akan semakin lama atau bahkan dapat menimbulkan penyakit baru.

Untuk itu, bagi penderita polip hidung sangat dianjurkan tidak mengonsumsi alkhol pasca operasi. Sebagai cara mengatasi rhinitis alergi dan polip hidung datang kembali

4. Melakukan aktivitas fisik

Ini dimaksudkan agar kondisi fisik Anda tetap sehat dan bugar walau dalam proses penyembuhan. Walau olahraga ringan, ini akan membantu penyembuhan pasca operasi Anda lebih cepat dan cara menjaga kesehatan telinga secara alami Anda tetap terjaga.

5. Makan makanan sehat

Makan makanan yang baik pasca operasi sinusitis dan polip hidung yang sehat seperti sayuran atau buah-buahan dapat membantu proses penyembuhan Anda. Tetap menjaga pola makan sehat membuat kesehatan tubuh Anda tetap terjaga selama proses pemulihan.

6. Mengonsumsi daun sirih

Daun sirih adalah tanaman alami yang sering digunakan sebagai obat herbal pasca operasi sinusitis dan polip hidung. Dengan mengolah daun sirih dengan campuran lainnya seperti cemara dan kunyit yang sudah diparut, dimasukkan dengan sepuluh gelas air lalu dididihkan. Anda bisa menghirup uap air dari rebusan tersebut dan membantu hidung Anda untuk lebih sehat. 


7. Mengkonsumsi ramuan jeruk nipis

Jeruk nipis dapat membantu Anda yang sedang dalam proses pemulihan pasca operasi polip hidung, dengan mencampurkannya dengan jahe, cengkeh, daun sirih, dan daun sereh lalu direbus. Anda dapat meminumnya secara rutin setiap hari selama satu bulan dan mempercepat proses pemulihan Anda.

8. Mengkonsumsi madu dan lobak putih

Lobak putih merupakan cara selanjutnya dalam pemulihan Anda secara alami. Cukup menghaluskan dua buah lobak putih sebanyak dua cangkir dan dua cangkir madu. Anda dapat meminumnya setiap malam secara rutin sebagai obat alami penyembuhan polip hidung pasca operasi.

9. Mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin C

Vitamin C sangat dibutuhkan bagi penderita polip hidung, ini dikarenakan Vitamin C dapat menjaga kesehatan juga cara mencegah faringitis dan penyakit polip datang kembali. Buah-buahan yang dapat Anda konsumsi seperti jeruk bali, jeruk lemon, jeruk, dan sebagainya. Anda dapat mengonsumsinya setiap hari.

Demikianlah beberapa cara mencegah radang tenggorokan serta penyembuhan pasca operasi polip hidung secara alami dan cepat yang dapat membantu proses pemulihan Anda, dan membuat tubuh Anda tetap sehat. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Polip