Sponsors Link

8 Perawatan Pasca Operasi Sinusitis untuk Mempercepat Pemulihan

Sponsors Link

 

ads

Sinusitis adalah keadaan ketika rongga di sekitar hidung meradang, ini dapat disebabkan oleh keturunan, dingin atau alergi. Sinusitis biasanya lebih banyak ditemukan pada usia 19-60 tahun.

Penyakit ini terbagi atas akut, subakut, kronis dan berulang. Sinusitis akut biasanya berlangsung selama 4 minggu atau kurang, untuk sinusitis subakut selama 4 sampai 8 minggu. Sedangkan sinusitis kronis, berlangsung selama 8 minggu atau lebih, dan sinusitis berulang berlangsung dalam setahun atau lebih.

Salah satu cara pengobatan sinusitis adalah dengan melakukan pantangan setelah operasi sinusitis untuk mencegah sinus lebih parah. Tentunya pasca operasi pun perlu di perhatikan agar sinus yang diderita tidak datang kembali dan mengganggu pernapasan Anda. Berikut beberapa perawatan pasca operasi sinusitis yang perlu Anda ketahui.

1. Dengan bantuan obat

Perawatan pasca operasi sinusitis ini dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan yang tentunya di anjurkan atau di resepkan oleh dokter. Seperti, Pelega pernafasan, antibiotik penisilin, antibiotik, obat batuk untuk mengurangi batuk yang biasanya muncul dari gejala sinusitis, serta obat radang telinga pada anak antiinflamasi.

2. Dengan Irigasi Hidung

Perawatan ini dilakukan dengan membilas bagian dalam hidung dengan air hangat yang telah dicampurkan dengan garam. Ini berfungsi untuk mengeluarkan zat atau virus yang menyebabkan iritasi dan lendir yang muncul secara berlebih. Air garam biasanya dimasukkan ke dalam wadah neti pot atau botol remas untuk memudahkan bagi penderita sinus yang sedang dalam perawatan.

3. Mengonsumsi Jeruk dan Apel

Selain berguna untuk kecantikan, jeruk dan apel juga berguna bagi kesehatan. Terutama yang sedang dalam proses pemulihan pasca operasi sinusitis. Apel dikatakan dapat membantu mengurangi resiko gangguan pernapasan serta menyehatkan rongga mulut dan gigi. Sedangkan jeruk membantu meningkatkan kekebalan tubuh agar sinusitis yang Anda alami tidak datang kembali, juga menjaga kesehatan jantung dan ginjal yang mungkin disebabkan karena mengonsumsi obat berlebih.

4. Mengonsumsi Sup Ayam

Sup Ayam ternyata mampu membantu Anda dalam penyembuhan pasca tahapan operasi sinus sinusitis. Sup ayam dapat membuat tubuh Anda lebih hangat, dan mampu mengurangi peradangan. Stephen Rennard, seorang spesialis peradangan, mengatakan bahwa sup ayam dapat menghambat pergerakan sel darah putih dalam tubuh serta melawan infeksi pada hidung dan tenggorokan. Uap dari sup ayam pun dapat membantu flu berkurang secara perlahan.

5. Ikan

Ikan memang sangat kaya akan khasiatnya, terutama bagi Anda yang sedang dalam masa pemulihan. Ikan mengandung zat asam lemak omega 3 yang sangat ampuh untuk cara mencegah radang tenggorokan terjadinya peradangan dan mengurangi tingkat resiko terkena arthritis. Asam lemak yang dikandung ikan juga mampu mengikat radikal bebas yang menjadi sebab utama peradangan dan memberi nutrisi serta energi bagi tubuh.


6. Daging Tanpa Lemak

Jika Anda memiliki alergi atau tidak dapat mengkonsumsi ikan, maka daging bisa jadi pilihan untuk Anda. Daging tanpa lemak juga memiliki khasiat yang sama dengan ikan, yaitu mampu menangkal radikal bebas perusak sel-sel dalam tubuh. Pun cara menjaga kesehatan telinga secara alami sistem kerja syaraf dan mengurangi inflamasi.

7. Buah-buahan yang mengandung vitamin E

Perawatan pasca operasi sinusitis dapat Anda lakukan dengan mengkonsumsi buah-buahan, terutama buah yang mengandung vitamin E. Vitamin E memiliki berbagai macam khasiat bagi kesehatan, yaitu mencegah peyakit Syaraf, melawan efek negatif obat-obatan yang masuk ke dalam tubuh, juga mampu mencegah ciri-ciri infeksi tenggorokan pernafasan.

8. Makanan Pedas

Makanan pedas seperti cabai, ternyata mampu membantu proses pengobatan rhinitis kronis pasca operasi sinusitis. Ini dikarenakan di dalam cabai terdapat capsaicin yang efektif membantu membuka jalan pernafasan, mengurangi sinusitis dan gejala flu lainnya.

Demikianlah 8 perawatan pasca operasi sinusitis, sehat dan alami yang dapat Anda lakukan dan terapkan selama masa pemulihan. Tetap perhatikan kesehatan tubuh Anda, dan semoga artikel ini bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan