Sponsors Link

Perbedaan Amandel Dan Radang Tenggorokan Nyata

Sponsors Link

Sakit radang amandel dan radang tenggorokan merupakan dua penyakit THT yang sering terjadi pada anak-anak. Namun tidak menutup kemungkinan kedua penyakit itu pun menjangkit orang dewasa. Namun belum banyak yang mengetahui kalau kedua penyakit itu berbeda. Itu karena kedua penyakit tersebut memang sama-sama terjadi dibagian leher dan memiliki gejala awal yang hampir sama yaitu tenggorokan yang sakit. Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Bangun Tidur pada umumnya memang diindikasikan karena adanya  infeksi dibagian tenggorokan. Namun, yang perlu anda ingat dan ketahui bahwa di dalam tenggorokan terdapat beberapa bagian lain seperti laring, faring, dan kelenjar amandel.

ads

Untuk memastikan bagian tenggorokan yang terinfeksi anda disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter ahli THT. Sakit tenggorokan akibat radang tenggorokan dan radang amandel memiliki cara pengobatan yang berbeda.  Dengan mengetahui penyebab tenggorokan sakit dengan pasti maka anda juga dapat melakukan penyembuhan dan meminum obat yang tepat. Jika anda masih bingung, kami akan memberikan penjelasan mengenai perbedaan amandel dan radang tenggorokan yang mungkin dapat membantu anda untuk melakukan pencegahan atau pengobatan lebih tepat.

Amandel Atau Radang Amandel

Jika anda ingin mengetahui perbedaan amandel dan radang tenggorokan anda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan radang amandel dan radang tenggorokan. Radang amandel adalah radang yang terjadi pada kelenjar tostil. Kelenjar tostil merupakan kelenjar yang terdapat di dalam leher atau khususnya bagaian tenggorokan. kelenjar tostil memiliki fungsi untuk penyaring sekaligus pembunuh kuman-kuman yang akan masuk kedalam tubuh melalui sistem pernafasan. Karena itu kelenjar tostil juga dikenal sebagai salah satu sistem pertahanan tubuh atau sistem imun yang terdapat di dalam tubuh anda.

Seperti yang mungkin sudah diketahui banyak orang bahwa penyakit amandel biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Hal itu juga diungkapkan oleh dokter spesialis tht yaitu Dr Siti Faisa Abiranto, Sp THT, MSc. Ia menjelaskan bahwa radang tenggorokan dapat disebabkan oleh beberapa virus yaitu Coxsackie Virus, Adenovirus, atau Epstein-Barr Virus. Serta bisa juga disebabkan oleh bakteri seperti bakteri dari kelompok A Streptococcus yang dapat menyebabkan penderita radang amandel merasakan sakit hingga sulit bernafas.

Radang amandel yang disebabkan oleh bakteri biasanya dapat disembuhkan oleh obat-obatan yang diberikan dokter seperti antibiotic. Antibiotic dapat membantu menyebukan infeksi pada bagian yang terserang oleh bakteri. Sedangkan jika amandel disebabkan oleh infeksi virus biasanya dokter hanya memberikan obat untuk meredakan rasa sakit dan mengurangi gejala yang ada. Selain itu anda bisa memperbanyak asupan air putih dan makan makanan bernutrisi lainnya seperti buah dan sayur untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda. Anda dapat memilih makanan atau sayuran dengan tekstur yang lunak untuk menghindari rasa sakit saat menelan saat terkena radang amandel.  Beberapa ahli nutrisi juga menyarankan untuk mengkonsumsi minuman hangat seperti jahe dan daun mint yang dapat menetralisir pembengkakan akibat peradangan.

Penyakit radang tenggorokan akan membuat anda merasa tidak nyaman. Beberapa  Tanda-Tanda Amandel Kambuh dapat anda rasakan sehingga  dapat diatasi secepat mungkin. Saat sakit amandel, bagian tostil yang meradang biasanya akan memerah dan membengkak. Pembengkakakn itu dapat anda lihat dengan cara membuka mulut lalu dilihat menggunakan cermin. Sedangkan saat sakit radang tenggorokan hal itu tidak terjadi sehingga kelenjar tostil tidak dapat dilihat. Beberapa kasus amandel kronis juga mengakibatkan pembengkakan terlihat hingga di bagian leher. Dimana bagian leher tepatnya dibawah dagu akan terlihat membesar.

Radang Tenggorokan

Jika radang amandel dikarenakan terjadinya infeksi dibagian kelenjar tostil lain halnya dengan radang tenggorokan. Radang tenggorokan terjadi dihampir seluruh bagaian tenggorokan yaitu laring, faring, dan bahkan kelenjar amandel juga. Itu sebabnya saat terkena sakit radang tenggorokan semua bagian tenggorokan anda terasa sakit. Radang tenggorokan dan amandel memiliki kesamaan yaitu sama-sama disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Banteri yang sering menyebabkan radang tenggorokan adalah Strepcoccus pyogenes. Saat radang tenggorokan biasanya anda juga akan merasakan panas dalam. Itu dikarenakan terjadinya infeksi pada bagian tenggorokan sehingga tenggorokan terasa panas padahal suhu di luar tidak terlalu panas.

Saat radang tenggorokan anda bisa meminum Obat Radang Tenggorokan yang diberikan dokter atau mengkonsumsi obat secara tradisional seperti ramuan jahe dan lemon atau memperbanyak buah dan sayur. Radang tenggorokan biasanya menjangkit seseorang saat sistem imunya melemah. Seperti saat terlalu capek, perubahan cuaca yang tidak menentu, atau terlalu banyak konsumsi makanan yang tidak sehat atau kotor. Perbedaan amandel dan radang tenggorokan juga dapat dilihat oleh penyebabnya, dimana amandel lebih banyak disebabkan oleh bakteri atau virus yang kita hirup melalui saluran pernafasan sedangkan radang tenggorokan biasa terjadi karena bakteri atau virus yang terdapat pada makanan yang kita konsumsi. Karena itu Cara Mencegah Radang Tenggorokan yang paling baik adalah dengan menjaga pola makan, menghindari makanan yang kotor dan melakukan hidup sehat seperti berolahraga untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

, ,
Oleh :
Kategori : Radang Tenggorokan