Sponsors Link

9 Penyebab Pilek Setiap Bangun Tidur dan Solusinya

Sponsors Link

Saat bangun tidur di pagi hari, seringkali kita mengalami hidung tersumbat, mampet ataupun pilek. Ini tentunya akan sangat mengganggu aktivitas anda di pagi hari dan juga sepanjang hari. Selain itu, pilek di pagi hari juga sering disertai juga dengan hidung gatal, pilek, mata sembab dan juga hidung berair serta merah. Ada banyak penyebab pilek saat bangun tidur yang harus anda ketahui dan akan kami ulas secara lengkap berikut ini sehingga bisa diwaspadai dan dihindari dengan menggunakan solusi terbaik untuk mengatasi pilek di pagi hari tersebut.

ads

Penyebab Pilek Saat Bangun Tidur

Bangun tidur di pagi hari dan mengalami pilek bisa terjadi karena berbagai penyebab mulai dari virus, kuman, bakteri dan juga alergi seperti ulasan dari kami berikut ini.

  1. Rhinitis Alergi

Pilek setiap bangun tidur pagi hari bisa disebabkan karena seseorang menderita rhinitis alergi yang termasuk salah satu dari macam macam rhinitis. Gejala yang ditimbulkan dari rhinitis alergi ini hampir sama dengan gejala influenza yang bisa terjadi karena paparan debu di dalam kamar, tungau atau serpihan kecil yang berserakan seperti bulu binatang.

Tanpa disadari saat tidur, berbagai alergen tersebut akan menempel pada selimut, bantal, guling dan juga kasur yang kemudian akan terhirup hidung. Sistem imun tubuh kemudian secara otomatis mengenali alergen tersebut sebagai benda asing dan akhirnya menyebabkan pilek di pagi hari saat bangun tidur.

  1. Rhinitis Vasomotor

Penyebab berikutnya dari pilek saat bangun tidur adalah karena rhinitis vasomotor dimanan sistem saraf dan juga otot yang mengatur aliran pembuluh darah menjadi menyempit ataupun melebar yang juga menjadi penyebab telinga sakit. Pembuluh darah tersebut akan mengalami pembengkakan karena dipengaruhi kondisi udara yang kering, berubah menjadi lembab, perubahan suhu udara yang drastis, stress berlebihan, suhu udara yang terlalu panas, aroma wewangian dan juga kelelahan. Ini semua adalah faktor penyebab dari terjadinya pilek di pagi hari yang disebabkan oleh rhinitis vasomotor.

  1. Reaksi Alami Tubuh

Reaksi alami yang juga dialami oleh tubuh juga sangat berpengaruh pada pilek setiap bangun tidur. Terkadang kita bisa mengalami penurunan suhu tubuh disaat tidur yang akhirnya menjadi pemicu pilek saat bangun tidur dan juga hidung sakit saat flu. Namun hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena merupakan rekasi alami tubuh anda.

  1. Silia

Silia merupakan bulu halus yang terdapat dalam rongga sinus atau rongga hidung yang berfungsi untuk mengeluarkan lendir dan juga kotoran. Akan tetapi, fungsi silia ini akan menurun dan melambat pada saat seseorang sedang tidur atau beristirahat yang akhirnya mengakibatkan sering pilek saat bangun tidur dan menjadi salah satu faktor penyebab sinusitis.


  1. Sensitivitas

Seseorang yang memiliki hipersensitivitas atau tingkat sensitivitas berlebihan melebihi dari orang normal juga akan meningkatkan resiko terkena pilek saat bangun tidur, penyebab polip dan juga sesudah selesai mandi. Meskipun pilek ini tidak terjadi dalam waktu yang lama, akan tetapi bila cuaca di sekitar sangat dingin, maka pilek saat bangun tidur akan lebih sering terjadi.

  1. Sinusitis

Sinusitis merupakan salah satu jenis peradangan yang terjadi dalam rongga hidung yang biasanya akan mulai terjadi pada saat infeksi saluran pernapasan atas terjadi yang disebabkan karena bakteri penyebab sinusitis. Gejala umum yang ditimbulkan dari sinusitis ini berupa rasa nyeri yang terjadi di sekitar wajah dan juga gigi, sakit kepala, ingus yang berubah warna menjadi kuning kehijauan, nafas berbau tidak sedap, wajah terasa penuh, hidung tersumbat dan juga pilek. Banyak penderita yang salah mengartikan sebab gejala yang ditimbulkan sinusitis ini hampir serupa dengan flu biasa namun ternyata cukup berbahaya jika tidak segera diobati.

Solusi Pilek Saat Bangun Tidur

Untuk mengatasi pilek yang terjadi saat bangun tidur, ada beberapa cara mudah yang bisa anda lakukan yakni seperti:


  • Terapi Uap Panas

Terapi ini sangat baik dilakukan untuk mengencerkan lendir atau ingus sekaligus melegakan pernapasan hidung tersumbat akibat flu tersebut dan juga cara mengobati polip tanpa operasi. Siapkan sebuah baskom lalu isi air panas dan tambahkan dengan beberapa tetes minyak aroma terapi seperti lavender atau peppermint dan dekatkan wajah anda lalu hirup uap panas dari baskom selama beberapa menit.

  • Gunakan Bantal Lebih Tinggi

Mengatasi pilek ini juga bisa dilakukan dengan cara memposisikan bantal lebih tinggi dari biasanya sehingga lebih tinggi dari posisi jantung. Hal ini sangat baik dilakukan untuk menghindari pilek saat bangun tidur.

  • Bersihkan Tempat Tidur dan Kamar

Hal yang tidak kalah penting lainnya untuk mengatasi pilek setiap bangun tidur adalah dengan rutin membersihkan tempat tidur serta kamar untuk menghilangkan debu, bulu binatang dan berbagai alergen lain yang menyebabkan pilek setiap kali bangun tidur.

Demikian ulasan kami tentang penyebab pilek setiap bangun tidur dan cara mengatasinya dengan mudah. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat dan mengatasi masalah pilek setiap bangun tidur yang anda alami.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab