Sponsors Link

4 Tahapan Proses Operasi Plastik Hidung dan Biayanya

Sponsors Link

Operasi plastik yang dilakukan pada hidung dikenal dengan nama nose job dan menjadi salah satu jenis operasi plastik yang berguna untuk memperbaiki bentuk dari hidung pasien. Beberapa masalah yang memerlukan operasi plastik hidung ini diantaranya adalah bentuk cuping hidung yang terlalu lebar atau ingin memancungkan hidung yang pesek.

ads

Tindakan operasi plastik yang dilakukan pada hidung dinamakan dengan rhinoplasty yang bertujuan untuk menyelaraskan bentuk wajah dengan memperbaiki proporsi dari hidung sehingga tampilannya bisa terlihat lebih sempurna dan juga bisa dilakukan dan juga hidung patah sebagai dampak hidung terbentur. Untuk anda yang berniat untuk melakukan operasi plastik hidung, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu mengenai seperti apa proses operasi plastik hidung dalam artikel kali ini.

Jenis Rhinoplasty

Dalam ilmu bedah, rhinoplasty dibedakan menjadi dua jenis yakni open rhinoplasty dan juga closed rhinoplasty. Untuk metodenya sendiri juga dilakukan secara berbeda menyesuaikan dengan jenis rhinoplasty yang digunakan.

Open rhinoplasty dilakukan dengan membuat sayatan kecil di sepanjang dasar hidung, sedangkan closed rhinoplasty merupakan sayatan yang dilakukan namun tersembunyi sehingga tidak terlihat dari luar. Operasi plastik hidung dilakukan dengan memisahkan kulit hidung dengan jaringan lunak dari tulang rawan hidung dan kemudian bentuk hidung akan diperbaiki lalu dilanjutkan dengan menjahit bekas sayatan dan memasang kembali bagian hidung yang sudah diambil dan dipotong tadi.

Prosedur Rhinoplasty Non Bedah

Jika pada prosedur rhinoplasty non bedah, dokter akan memperbaiki dan juga memodifikasi kekurangan hidung pasien dengan kombinasi teknik. Teknik kombinasi yang dimaksud adalah menggunakan benang dan juga tindakan suntikan filler di jaringan sub cutan hidung dengan tujuan agar hasilnya bisa lebih sempurna.

Benang yang dipakai dalam rhinoplasty non bedah ini merupakan benang khusus yakni benang PDO yang juga sering dipakai dalam pembedahan jantung dan juga ligamen tulang. Sifat dari benang ini sama dengan jenis benang yang biasa digunakan untuk operasi caesar yakni benang absorbable atau benang yang bisa diserap oleh tubuh. Sesudah selesai, maka benang tersebut akan hilang seluruhnya terserap dalam tubuh sekitar 8 bulan lamanya.

Sementara filler digunakan untuk memperbaiki bentuk hidung dan juga bisa digunakan untuk bibir atau dagu tanpa perlu melewati operasi bedah. Dalam filler ini diisi dengan bahan hialuronat yakni bahan pembentuk kolagen yang juga terdapat di dalam tubuh manusia.

Proses Operasi Plastik Hidung

Sebelum memulai tindakan operasi, dokter dan pasien akan berdiskusi tidak hanya mengenai jalan operasi secara terperinci, namun juga hasil yang diharapkan dari pasien dan baru dilakukan jadwal pelaksanaan tindakan operasi.

  • Selama proses operasi, pasien akan dibius dengan bentuk sedasi intravena atau bius total dan sesudah itu barulah proses operasi dilakukan.
  • Sedangkan untuk teknik yang dipakai ada dua jenis yakni teknik terbuka dan juga tertutup. Teknik terbuka adalah pembuatan sayatan kecil penghubung luar sehingga dokter bedah akan melipat kulit hidung ke arah atas dan kemudian menjangkau tulang hidung bawah. Sedangkan pada teknik tertutup, semua sayatan yang dibutuhkan akan dilakukan di bagian dalam hidung sehingga sesudah selesai operasi tidak akan meningglkan bekas.

  • Dari kedua teknik tersebut. tulang rawan dan juga jaringan kemungkinan akan diangkat atau disesuaikan dan di implan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.
  • Sesudah tindakan operasi selesai, maka hidung pasien akan ditutup dengan belat dan perban yang harus terus dipakai selama 1 minggu. Untuk komplikasi ringan umumnya akan terjadi sembab dan bengkak di sekitar hidung dan area mata yang akan hilang beberapa hari sesudah tindakan operasi.

Akan tetapi jika pasien merasakan rasa sakit yang tidak bisa ditahan, maka dokter akan memberikan resep obat pereda nyeri serta disarankan untuk menghindari aktivitas berat selama beberapa minggu sesudah metode rhinoplasty dilakukan sekaligus menjaga kepala untuk tetap terangkat di hari pertama sesudah operasi.

Berapa Biaya Operasi Plastik Hidung

Untuk melakukan proses operasi plastik hidung sehingga bisa memperbaiki bentuk hidung menjadi lebih proporsional, maka dana yang harus dipersiapkan berkisar antara 9 Juta sampai 21 Juta Rupiah tergantung dari bagian hidung mana yang akan di operasi.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan