Sponsors Link

5 Langkah Proses Operasi Polip Hidung dan Perawatan Pasca Operasi

Sponsors Link

Meski cara alami mengobati polip hidung banyak jenisnya, beberapa orang memilih untuk melakukan operasi pengangkatan polip dengan bantuan medis. Beberapa alasan mereka melakukan operasi polip adalah karena operasi adalah satu-satunya cara instan untuk mengangkat polip. Meski begitu, ada beberapa bahaya operasi polip hidung yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk operasi.

ads

Anda tidak perlu melakukan tindakan operasi jika mengetahui cara mudah mencegah polip di hidung sebelumnya untuk membuat area hidung tetap sehat. Namun jika polip sudah muncul, lLangkah-langkah proses operasi polip hidung yang akan Anda tempuh tidaklah rumit atau panjang. Operasi ini memakan waktu sekitar 30 hingga 1 jam tergantung pada seberapa parah polip yang Anda derita. Namun Ada pun langkah-langkah yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  1. Pemberian Anestesi

Prosedur umum dalam segala jenis tindakan operasi adalah memberikan anestesi pada pasien. Pada pasien operasi polip atau polipektomi, jenis anestesi yang diberikan adalah anestesi lokal di area hidung. Anestesi yang digunakan adalah larutan adrenalin yakni lidokain yang diencerkan dan diolesi pada dua permukaan tampon kapas dengan gel xylocainex. Gel xylocainex dalam kapas yang disisipakan di antara polip hidung sangat ampuh dalam menghambat kinerja saraf sensorik yang menerukan informasi luka ke otak.

  1. Tindakan Polipektomi Endoskopik

Setelah tampon kapas dikeluarkan dari polip, tidakan operasi polip atau polipektomi sederhana endoskopik mulai dilakukan. Tidakan ini ditandai dengan pemotongan polip yang melekat pada dinding hidung menggunakan gunting atau forsep. Pada tahap ini, hidung Anda sudah terbebas dari polip hidung. Tindakan polipektomi endoskopik adalah cara mengobati polip yang ringkas dan praktis.

  1. Penyedotan Darah

Area pemotongan polip hidung tentu saja mengalami luka. Oleh karena itu, hidung pasien polipektomi akan ditampon sementara. Sementara itu, pendarahan minimal yang diusahakan akan dibersihkan dengaan alat penghisap. Pendarahan di hidung cukup rawan infeksi. Tahapan ini tentu saja tidak akan terjadi jika Anda menjalani cara mengobati polip tanpa operasi. Akan tetapi, proses operasi polip hidung alah pilihan yang tepat untuk menghilangkan polip

  1. Evaluasi Pendarahan

Cara menyembuhkan polip dengan operasi selanjutnya adalah tindakan pasca operasi. Tindakan pascaoperasi polipektomi menuntut waktu yang lebih lama agar pasien benar-benar bisa dipulangkan. Tindakan evaluasi pendarahan setelah tampon dikeluarkan dari hidung ini memakan waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam tergantung jenis pendarahan yang terjadi pada hidung.

Jika pasien dinilai tidak mendapatkan efek samping dari operasi maka pasien diizinkan untuk pulang. Akan tetapi jika pasien menunjukkan gejala atau keluhan tertentu, maka pasien diwajibkan untuk rawat inap selama beberapa hari untuk memulihkan kondisi.


  1. Perawatan Pascaoperasi Polipektomi

Untuk menghindari infeksi dan gejala buruk yang tidak diinginkan lainnya, pasien perlu melakukan perawatan pascao perasi polip hidung. Pasien yang telah menjalani tindakan operasi polipektomi diharuskan untuk mengonsumsi antibiotika amoksisilinasam klavulanat dengan dosis 500 mg/125 mg selama satu minggu dengan intensitas pengonsumsia tiga kali sehari.

Selain itu, pasien juga dianjurkan untuk melakukan penyemprotan pada hidung atau steroid internasal berupa mometason furoat dengan dosis 400 mg per hari. Setelah melakukan operasi, Anda juga perlu memerhatikan asupan makanan pasca operasi polip.

Langkah Proses Operasi Polip Hidung atau polipektomi adalah tindakah operasi yang cukup singkat. Akan tetapi, Anda disarankan melakukan berbagai perawatan pasca operasi untuk mencegah penyebab polip datang kembali  Sebab untuk beberapa kalangan dengan tingkat sensitivitas yang tinggi, kemungkinan polip kembali tumbuh selalu ada. Oleh karena itu bagi Anda yang enggan melakukan operasi, Anda disarankan untuk mengonsumsi obat polip hidung tanpa operasi.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Polip