Sponsors Link

Pusing Disertai Mimisan – Penyebab dan Penanganannya

Sponsors Link

Mimisan yang diikuti juga dengan rasa sakit kepala atau pusing mungkin terdengar cukup mengkhawatirkan bagi sebagian orang. Pusing disertai dengan mimisan tersebut bisa terjadi karena berbagai hal dan dalam ulasan kali ini, akan kami jelaskan selengkapnya mengenai penyebab dan cara mengatasi masalah tersebut.

ads

Pada umumnya, salah satu bagian hidung yang mengalami mimisan akan disertai dengan sakit kepala. Akan tetapi, pada beberapa kasus lain yang cukup jarang terjadi, kedua hidung juga dapat mengalami mimisan dan diikuti dengan rasa sakit pada bagian kepala atau sebaliknya.

Pusing disertai mimisan adalah perpaduan dari tanda jika terjadi tekanan darah tinggi pada tubuh penderita atau terjadi pada saat keluar darah dari hidung setelah jatuh. Apabila ini terjadi, maka penanganan lebih lanjut harus segera dilakukan untuk menghindari komplikasi lanjutan. Pusing dan juga mimisan bisa terjadi pada penderita anemia.

Dampak hidung terbentur atau benturan di kepala yang terjadi cukup keras bisa mengakibatkan pembuluh darah besar yang ada di bagian belakang hidung menjadi robek dan ini disebut dengan mimisan posterior yang biasanya terjadi pada orang tua dan penderita darah tinggi. Dalam kasus ini, sakit kepala yang terjadi juga akan diikuti dengan mimisan tersebut.

Penyebab lain dari pusing disertai mimisan secara bersamaan adalah kekeringan yang terjadi pada selaput lendir yang melapisi hidung. Selaput lendir yang kering tersebut akan mengalami keretakan dan pendarahan sehingga mengiritasi hidung penderita kemudian menimbulkan rasa pusing sekaligus mimisan atau pendarahan.

Penyebab berikutnya dari pusing disertai mimisan adalah memakai dekongestan terlalu berlebihan atau karena komplikasi rhinitis alergi, bakteri penyebab sinusitis dan sebagainya. Beberapa jenis dekongestan yang bisa menyebabkan pusing dan mimisan diantaranya adalah semprotan hidung.

Anak anak yang mempunyai masalah migrain juga sangat rentan terhadap mimisan. Mimisan yang terjadi terlalu berlebihan tersebut akhirnya juga menimbulkan rasa sakit di area kepala.

Penanganan Pusing Disertai Mimisan

Apabila dalam pemeriksaan yang dilakukan dokter, mimisan tidak bisa berhenti, maka dokter umumnya akan memakai alat penghangat atau pemanas yang dipakai untuk menutup pembuluh darah. Ini akan sangat membantu untuk menghentikan pendarahan atau mimisan di area hidung sekaligus mencegah risiko pendarahan di kemudian hari.

Sedangkan untuk pengobatan lainnya, kemungkinan dokter juga akan melakukan operasi untuk mengangkat benda asing atau mengoreksi septum dan fraktur yang menyimpang. Sedangkan untuk beberapa obat nyeri OTC juga mungkin akan diberikan untuk mengurangi sakit di bagian kepala dan juga meresepkan obat migrain.

Pusing Disertai Sakit Kepala Saat Hamil

Sedangkan pusing atau sakit kepala yang disertai mimisan pada masa kehamilan terjadi karena lapisan hidung dan nasal mengalirkan darah terlalu banyak. Meningkatkan jumlah aliran darah ke pembuluh darah kecil di hidung tersebut, akhirnya menjadi penyebab mimisan yang disertai dengan sakit kepala menurut The Children’s Hospital of Philadelphia.


Pusing disertai dengan mimisan pada masa kehamilan juga akan membuat calon ibu memiliki perubahan hormonal khususnya di trimester pertama yang menjadi penyebab dari sakit kepala. Apabila ini terjadi, maka segera hubungi dokter dan hindari untuk jalan bepergian sebab ini juga bisa menjadi pertanda preeklamsia atau tekanan darah tinggi serta kerusakan dari organ dalam tubuh.

Penyebab Pusing Disertai Mimisan Pada Anak

Sedangkan penyebab anak sering mimisan yang disertai juga dengan pusing, menurut penelitian bisa terjadi juga karena beberapa hal seperti postur tubuh yang buruk, tidak makan dengan teratur, kurang tidur, kebiasaan buruk seperti memainkan hidung, dampak hidung terbentur dan juga migrain. Anak anak yang memiliki masalah seperti migrain akan berisiko tinggi mengalami pusing disertai dengan pendarahan atau mimisan. Ini juga bisa dijadikan indikasi penyakit yang lebih serius seperti leukemia, anemia atau tekanan darah tinggi.

Dari ulasan diatas membuktikan jika pusing diserta mimisan bisa terjadi pada siapapun baik anak anak, orang dewasa dan ibu dalam masa kehamilan dan penyebabnya juga bisa terjadi karena berbagai hal seperti kebiasaan buruk atau mengalami penyakit tertentu seperti macam macam rhinitis, komplikasi rhinitis alergi dan sebagainya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab