Sponsors Link

8 Penyebab Radang Tenggorokan Tidak Sembuh Sembuh

Sponsors Link

Sakit atau radang tenggorokan yang terjadi selama beberapa minggu bahkan sampai beberapa bulan dan tidak kunjung sembuh merupakan gejala radang tenggorokan yang tidak boleh dianggap sepele sebab ini bukan hanya sekedar radang tenggorokan biasa, namun menjadi radang tenggorokan kronis yang mengacu pada beberapa kondisi penyakit yang sudah lama terjadi sebelumnya, sering kambuh dan tidak bisa diatasi dengan pengobatan untuk radang tenggorokan biasa.

ads

Apabila yang di derita adalah radang tenggorokan akut, maka masih bisa diobati dengan mudah, namun jika yang terjadi adalah radang tenggorokan akut, maka harus diwaspadai dan segera ditangani secepatnya. Selain itu, radang tenggorokan yang berlangsung lama juga menjadi indikasi berbagai penyakit berbahaya lain yang bisa terjadi dalam tubuh dan beberapa penyebab serta solusi selengkapnya akan kami berikan berikut ini.

Penyebab Radang Tenggorokan Kronis

Penyakit yang sering dianggap ringan ini, ternyata juga bisa berubah menjadi buruk bagi penderitanya. Penyebab radang tenggorokan yang tidak kunjung sembuh akan menimbulkan efek berbahaya bagi tubuh sebab bisa menjalar ke organ paru paru dan merusak sistem pernapasan. Berikut ini adalah beberapa penyebab dari radang tenggorokan tidak sembuh sembuh tersebut.

  1. Infeksi Campak

Radang tenggorokan yang sebenarnya bukanlah sebuah penyakit ini bisa terjadi lebih dari 5 hari dan harus diwaspadai. Khususnya, jika radang tenggorokan juga diikuti dengan timbulnya beberapa bisul kecil yang menjadi indikasi jika anda terserang virus campak. Virus Epstein Barr yang menjadi penyebab tubuh terserang infeksi mono nucleus dan akhirnya menyerang limpa kemudian menyebabkan pembengkakan di area leher dan timbul radang tenggorokan.

  1. Sakit Kuning

Radang tenggorokan yang tidak sembuh tersebut juga bisa disebabkan karena penyakit kuning. Radang tenggorokan yang terjaid karena sakit kuning ini bisa berlangsung hingga melebihi 6 minggu. Penularan virus penyakit ini bisa terjadi lewat ludah lewat ciuman sehingga sering disebut juga dengan kissing disease. Selain itu, penyakit kuning juga terkadang menjadi penyebab tenggorokan sakit saat bangun tidur di pagi hari.

  1. Kerusakan Klep Jantung

Kerusakan pada klep jantung juga bisa menjadi penyebab dari radang tenggorokan yang tidak sembuh. Selain kerusakan pada klep jantung, beberapa penyakit jantung lainnya yang dipengaruhi dari pola makan dan gaya hidup tidak sehat juga bisa menjadi penyebab timbulnya radang tenggorokan.

  1. Sinusitis

Komplikasi dari sinusitis yang semakin parah juga bisa menimbulkan radang tenggorokan yang tidak kunjung sembuh. Hal ini bisa terjadi karena bakteri streptococcus yang menjadi penyebab sinusitis sudah menyerang di bagian sinus dan akhirnya merusak sinus tersebut kemudian menyebabkan radang tenggorokan yang tidak kunjung sembuh.


  1. Bronkhitis

Komplikasi dari radang paru paru atau bronkhitis juga bisa menyebabkan radang tenggorokan yang lama sembuh dan juga penyebab tenggorokan panas. Hal ini bisa terjadi karena bakteri sudah masuk dan merusak area tenggorokan yang menjalar dari organ paruparu. Kondisi bronkhitis ini akan semakin parah jika penderita juga merupakan perokok aktif yang semakin merusak paru paru karena menimbulkan flek pada organ tersebut.

Solusi Sakit Tenggorokan Lama Sembuh

Untuk mengatasi radang tenggorokan tidak sembuh sembuh selama berhari hari, berminggu minggu bahkan hingga mencapai hitungan bulan bisa dicegah dengan beberapa cara seperti yang kami sebutkan berikut ini.

  1. Teh dan Madu

Madu sudah sejak lama dipercaya sebagai obat alami ampuh untuk menyembuhkan segala penyakit. Salah satu khasiat dari madu adalah menyembuhkan sakit tenggorokan kronis sekaligus mengatasi batuk yang biasanya juga terjadi bersamaan dengan radang tenggorokan. Campurkan 1 sendok makan madu dengan teh hangat dan konsumsi secara teratur setiap hari.


  1. Kumur Air Garam Hangat

Dalam garam mempunyai sifat yang sangat baik untuk membunuh berbagai bakteri penyebab sakit tenggorokan dan mengatasi gejala tenggorokan kering. Dari sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Connecticut menemukan jika air garam akan membuat area tenggorokan terasa lebih nyaman dan juga mengeluarkan lendir yang menumpuk di dalam tenggorokan. Campur 1/2 sendok teh garam dengan 1 gelas air hangat lalu gunakan untuk berkumur.

  1. Cuka Apel

Cuka apel yang dihasilkan dari buah apel ini juga berkhasiat sebagai obat radang tenggorokan yang tidak kunjung sembuh. Komposisi utama dari cuka apel ini sangat baik untuk melawan segala jenis bakteri dan juga virus yang bersarang dalam tenggorokan sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Campur 1 sendok makan cuka apel dengan 1 gelas air hangat atau teh dan minum sebanyak 3 kali sehari.

Radang tenggorokan tidak sembuh sembuh bisa terjadi karena berbagai hal tidak hanya virus dan bakteri, namun juga bisa disebabkan karena berbagai penyakit yang berkaitan dengan telinga, hidung dan tenggorokan. Jauhi kebiasaan buruk untuk mencegah radang tenggorokan tak kunjung sembuh ini sebagai langkah paling tepat.

, ,