Sponsors Link

8 Tanda-Tanda Amandel yang Wajib Diperhatikan

Sponsors Link

Radang amandel adalah kondisi ketika amandel dan tonsil mengalami pembengkakan. Kelenjar amandel sendiri berfungsi untuk mencegah infeksi. Ketika terjadi gangguan pada amandel kita maka fungsi dari kelenjar amandel tidak dapat berjalan sempurna.

ads

Radang amandel sendiri merupakan salah satu penyakit yang banyak menjangkit orang-orang. Kita perlu menyadari bahaya amandel terutama karena penyakit ini tidak memandang usia, dari bayi, anak-anak, remaja bahkan dewasa bisa mengalami penyakit amandel.

Ada beberapa hal yang perlu kita pelajari termasuk pantangan amandel dan tanda-tanda amandel. Hal ini bertujuan agar kita bisa melakukan deteksi dini dan segera dapat melakukan pengobatan agar penyakit tidak memburuk.

1. Munculnya radang tenggorokan

Radang tenggoroan merupakan salah satu tanda-tanda amandel yang wajib diperhatikan. Kenapa? Karena tanda ini cukup jelas. Ketika mengalami sakit dan nyeri pada tenggorokan anda, atau mengalami radang tenggorokan secara berulang kali anda patut curiga bahwa hal tersebut merupakan tanda-tanda amandel.

Yang perlu digaris bawahi disini adalah terdapat perbedaan amandel dan radang tenggorokan. Dimana radang tenggorokan sendiri menyerang hampir seluruh bagian dari tenggorokan dari faring, laring, dan kelenjar amandel itu sendiri.

2. Munculnya bau nafas

Salah satu tanda-tanda amandel yang bisa anda perhatikan dan jelas adalah munculnya bau nafas yang kurang sedap. Hal ini memang bisa saja disebabkan karena anda kurang menjaga kebersihan area mulut. Namun jika hal tersebut sudah anda lakukan dan bau tersebut masih muncul maka bisa saja hal tersebut disebabkan oleh radang amandel. Bau mulut tersebut terjadi karena banyaknya bakteri yang berkembang di sekitar tenggorokan khususnya di kelenjar amandel.

3. Sulit menelan

Tanda-tanda amandel lainnya adalah rasa sulit untuk menelan bahkan untuk sekedar minum air putih saja anda kesulitan. Hal tersebut wajar terjadi karena ketika terjadi peradangan kelenjar amandel mengalami pembengkakan tidak wajar dan sensitif jika tersentuh.

4. Warna amandel yang merah dan bengkak

Seperti dijelaskan sebelumnya radang amandel dapat dilihat dari kondisi kelenjar amandel yang membengkak. Selain itu dapat juga dilihat dari warna kelenjar amandel yang terlihat merah. Selain itu karena tumbuhnya bakteri di sekitar kelenjar amandel, maka akan muncul bercak putih atau kuning yang merupakan ciri keberadaan bakter atau kuman.

5. Kehilangan nafsu makan dan sakit kepala

Adanya rasa sakit dan kesulitan menelan belum lagi perih akan secara berkala menurunkan nafsu makan. Selain itu biasaya sakit radang amandel juga diikuti dengan sakit kepala.


6. Demam

Ya, umumnya penderita amandel akan mengalami demam atau naiknya suhu tubuh yang disebabkan oleh keberadaan bakteri dan kuman. Demam sendiri merupakan reaksi alami tubuh ketika kita terjangkit bakteri, kuman, dan virus pembawa penyakit. Reaksi ini muncul karena tubuh berusaha untuk melawan bakteri, kuman dan virus tersebut (sel darah putih).

7. Kurang tidur dan cepat lelah

Tanda-tanda amandel yang lain adalah penderita cenderung mudah lelah dan akan mulai kekurangan waktu tidur. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak cepat lelah kita wajib mengkonsumsi makanan untuk penderita amandel.

8. Suara serak dan sakit telinga

Penderita amandel juga biasanya mengalami suara serak akibat gangguan pada kelanjar tonsil tersebut. Radang amandel juga seringkali ditandai dengan rasa sakit di telinga, rahang yang sulit terbuka, serta leher yang terasa kaku.

Demikian tanda-tanda amandel yang sangat penting untuk diingat. Jangan lupa juga untuk mempelajari tentang makanan yang menyebabkan amandel.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Amandel