Sponsors Link

14 Tanda-Tanda Amandel Kambuh Yang Sering Terjadi

Sponsors Link

Sakit amandel biasanya sering terjadi pada anak-anak. Beberapa orang tua bahkan membawa anaknya untuk dioperasi jika amandel sudah membengkak dan sering kambuh. Amandel merupakan salah satu gangguan kesehatan yang dapat memberikan efek buruk terhadap organ lain seperti telinga, hidung, dan tenggorokan atau yang sering disingkat dengan THT. Secara medis amandel disebut dengan penyakit tosilitis. Penyakit tersebut terjadi karena adanya peradangan pada amandel yang dipicu oleh berbagai macam faktor penyebab. Secara umum amandel membengkak atau meradang karena terserang virus dan bakteri yang masuk melalui mulut atau hidung. Karena itu penyakit amandel lebih sering diderita oleh anak usia 8 hingga 12 tahun karena lebih cenderung sering makan-makanan yang tidak bersih dan sehat. Namun, walaupun begitu tidak menutup kemungkinan amandel dapat menyerang orang dewasa.

ads

Virus yang biasanya menyebabkan penyakit amandel adalah Epstein-Barr. Saat terserang virus ini biasanya penderita akan kesulitan untuk bernafas hingga sakit saat menelan makanan. Namun, jika disebabkan oleh virus, amandel dapat sembuh dengan sendirinya seiring virus itu mati. Namun suatu saat amandel dapat kambuh lagi jika kita tidak menjaga asupan makanan kita setiap hari. Beberapa makanan yang dapat menimbulkan sakit amandel juga seperti terlalu banyak makan makanan pedas, kurang buah dan sayur, serta makan makanan yang asam. Untuk menghindari penyakit amandel menjadi lebih kronis saat kambuh, berikut beberapa gejala atau tanda-tanda amandel kambuh:

  1. Tengorokan terasa sakit

Penyebab Sakit Tenggorokan Sampai Ke Telinga secara umun dapat terjadi karena dua hal yaitu radang tenggorokan atau radang amandel. Karena itu harus diperiksa ke dokter agar lebih pasti.

  1. Pembengkakakn kelenjar getah bening

Amandel juga dapat ditandai dengan pembengkakan disekitar leher dan rahang. Atau lebih tepatnya pembengkakan pada kelenjar getah bening.

  1. Sulit menelan makanan

Sulit menelan makanan karena tenggorokan terasa sakit juga menjadi tanda-tanda amandel kambuh.

  1. Kehilangan suara

Kehilangan suara atau suara mulai serak atau bindeng padahal tidak sakit flu atau batuk juga menjadi tanda sakit amandel yang akan kambuh.

  1. Tenggorokan kering

Salah satu Gejala Radang Tenggorokan adalah tenggorokan kering. Namun bisa jadi itu juga tanda peradangan pada amandel. Radang tenggorokan dan amandel yang berada di sekitar leher memang memiliki kejala yang hampir sama.

  1. Sulit menelan ludah

Sulit menelan ludah juga akan terjadi sama seperti kesulitan saat menelan makanan. Karena itu biasanya penderita sakit amandel lebih sering mengkonsumsi makanan yang lembut seperti bubur.

  1. Bau mulut

Tanda-tanda amandel kambuh yang lain adalah bau mulut. Bau mulut akan datang padahal kita sudah membersihkan mulut atau gosok gigi dengan cara dan waktu yang tepat. Itu karena banyaknya bakteri dan virus di mulut kita.

  1. Muntah dan mual

Muntah dan mual juga dapat dirasakan sebagai gejala kambuhnya penyakit amandel anda.

  1. Sakit kepala

Selain berhubungan dengan tiga organ yaitu telinga, hidung, dan tenggorokan, amandel juga dapat menyebabkan sakit kepala.

  1. Demam atau kedinginan

Saat terserang virus dan bakteri biasanya tubuh akan melawan dengan cara tertentu namun biasanya kita akan merasakan demam seperti kedinginan walaupun berada ditempat yang panas. itu juga terjadi saat virus mulai menyerang amandel.


  1. Flu

Flu atau sakit influenza merupakan salah satu penyakit yang akan timbul saat gejala amandel kabuh. Amandel yang membangkak akan membaut fungsi amandel tidak berjalan dengan maksimal dan membuat daya tahan tubuh menurun. Akhirnya virus influenza pun dapat menyerang tubuh dengan mudah.

  1. Mendengkur

Amandel yang membengkak akan menghalangi saluran pernafasan terutama saat posisi tidur. Sehingngga kita mendengkur.

  1. Amandel merah dan membesar

Saat amandel kambuh biasanya kita bisa lihat dengan adanya peradangan pada amandel kita sendiri. Peradangan ditandai dengan amandel yang memerah dan membesar atau bengkak.

  1. Leher kaku

Pembengkakan pada amandel juga dapat menyebabkan syaraf pada leher mengalami tekanan sehingga susah atau kaku untuk digerakkan.

Fungsi Amandel

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas bahwa beberapa orang tua cenderung melakukan pengangkatan amandel atau operasi amandel anaknya yang sering terkena radang mandel. Padahal amandel sendiri memiliki fungsi yang cukup banyak untuk menunjang kesehatan mulut dan tubuh pada umunya. Berikut beberapa fungsi amandel:

  1. Amandel berfungsi untuk membunuh kuman atau mikro organisme lain yang berbahaya untuk kesehatan. Biasanya kuman tersebut terbawa oleh makanan yang kita makan melalui mulut.
  2. Amandel juga bisa dibilang sebagai antibody. Itu karena amandel dapat menghasilkan imunoglobin A yang berfungsi untuk membentengi tubuh dari masuknya kuman. Terutama kuman yang masuk dari saluran pernafasan seperti hidung dan mulut.
  3. Selain sebagai pelindung tubuh dari kuman yang masuk dari mulut. Amandel juga ternyata mampu menghasilkan limfosit. Limfosit sendiri merupakan salah satu bagaian dari sel darah putih yang bermanfaat untuk tubuh.

, , ,




Oleh :
Kategori : Pencegahan