Sponsors Link

8 Penyebab Tenggorokan Kering dan Sakit Untuk Menelan dan Solusinya

Sponsors Link

Masalah tenggorokan kering dan sakit untuk menelan bisa terjadi karena peradangan pada tenggorokan atau terjadi beberapa penyakit yang bisa menimbulkan kondisi tersebut. Salah satu penyebab paling umum adalah terjadi infeksi pada bagian tenggorokan sehingga muncul reaksi alergi pada saluran untuk menelan. Rasa sakit yang ditimbulkan memang sangat mengganggu yang terasa mulai dari bagian atas leher atau tenggorokan sampai bagian bawah di belakang tulang dada, sensasi seperti terbakar, perih dan tekanan yang kuat di area tenggorokan.

ads

Penyebab Tenggorokan Kering dan Sakit

Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami punya ulasan tentang penyebab tenggorokan kering dan sakit untuk menelan lengkap dengan solusi mengatasi masalah tersebut.

  1. Sakit Asam Lambung Kronis

Seseorang yang memiliki masalah asam lambung kronis bisa mengalami sakit atau kesulitan menelan yang disebabkan karena asam lambung mengalir kembali ke esofagus atau kerongkongan. Cairan lambung yang memiliki sifat asam tersebut akan membuat dinding esofagus mengalami iritasi sehingga menimbulkan rasa sakit saat menelan, gejala radang tenggorokan dan bahkan bisa menyebabkan gangguan pernafasan.

  1. Radang Amandel

Radang amandel terjadi pada saat infeksi di amandel atau 2 kelenjar getah bening yang ada di setiap sisi bagian belakang tenggorokan. Amandel yang berfungsi sebagai pencegah infeksi masuk ke dalam tubuh justru terserang infeksi dan menimbulkan radang yang terjadi karena bakteri atau virus menular. Gejala yang ditimbulkan dari radang amandel ini diantaranya adalah tenggorokan kering dan sakit untuk menelan, demam dan timbul bercak berwarna putih di amandel serta tanda tanda amandel kambuh.

  1. Difteri

Difteri bisa terjadi karena infeksi bakteri Corynebacterium diphtheriae. Racun dari bakteri tersebut akan berpengaruh pada selaput lendir hidung dan juga tenggorokan dengan membentuk seperti selaput berwarna putih diatas permukaan dalam hidung, bagian tenggorokan, lidah dan juga saluran pernafasan lainnya. Gejala yang terjadi saat difteri adalah pembengkakan pada kelenjar leher, batuk, gejala tenggorokan kering dan warna kulit yang kebiruan.

  1. Laringitis

Laringitis juga menjadi penyakit yang paling sering menyebabkan tenggorokan terasa kering disertai dengan gatal, mulut kering dan sering haus dan juga suara yang serak. Laringitis sendiri merupakan peradangan pita suara yang terjadi karena infeksi. Laringitis dibedakan menjadi 2 jenis yakni kronis dan akut.

  1. Mulut Kering

Penyebab tenggorokan kering dan sakit untuk menelan adalah karena mulut kering. Mulut kering ini bisa terjadi karena produksi air liur atau saliva berkurang atau bahkan tidak ada sama sekali. Gejala yang ditimbulkan diantaranya adalah sulit untuk mengunyah, penyebab tenggorokan panas, sakit tenggorokan, lidah yang terasa kasar dan berwarna merah.


Solusi Tenggorokan Kering dan Susah Menelan

Ada beberapa jenis pengobatan alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi tenggorokan kering dan sakit untuk menelan diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Teh Chamomile

Teh chamomile tidak hanya bagus untuk menenangkan pikiran dan meningkatkan mood, namun juga ampuh dalam membunuh banyak bakteri yang menjadi penyebab tenggorokan kering dan sakit pada saat menelan. Teh chamomile mengandung pereda sakit yang alami yang akan memberikan rasa nyaman di tenggorokan dan mengurangi rasa sakit saat menelan makanan dan sebagai obat radang tenggorokan.

  • Siapkan 1 kantong teh celup chamomile lalu seduh dengan 1 cangkir air mendidih.
  • Tutup dan diamkan selama 10 menit lalu tambahkan perasan jeruk lemon dan madu secukupnya.
  • Minum teh tersebut selagi hangat sampai masalah tenggorokan kering bisa disembuhkan.
  1. Daun Sirih

Daun sirih tidak hanya bagus untuk mengatasi tenggorokan gatal namun juga masalah tenggorokan lainnya seperti tenggorokan kering. Kandungan yang ada dalam daun sirih juga sangat ampuh untuk membasmi bakteri serta virus yang menjadi penyebab tenggorokan kering dan sakit untuk menelan tersebut dan bagus juga digunakan sebagai cara mengatasi tenggorokan gatal.


  • Cuci bersih beberapa lembar daun sirih lalu rebus dengan air hingga mendidih.
  • Sesudah berkurang panasnya, minum air rebusan tersebut sampai habis dan lakukan selama beberapa hari sampai masalah tenggorokan bisa disembuhkan.
  1. Jeruk Nipis dan Garam

Kombinasi antara jeruk nipi yang tinggi akan kandungan vitamin C dan garam yang mengandung yodium juga ampuh untuk mengatasi tenggorokan kering sehingga bisa mengurangi rasa sakit waktu menelan dalam waktu yang terbilang cukup cepat dan juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan sakit tenggorokan karena flu.

  • Ambil air dari 1 buah jeruk nipis lalu campur dengan 1/2 sendok teh garam hingga rata.
  • Tambahkan dengan 1 gelas air dan minum sebanyak 1 kali sehari sampai tenggorokan kering sembuh.

Tenggorokan kering dan sakit untuk menelan yang disebabkan karena infeksi, peradangan dari bakteri dan juga virus ini tetap harus segera diobati supaya tidak menimbulkan komplikasi yang lebih berbahaya. Salah satu cara paling aman untuk menyembuhkan adalah dengan memakai bahan alami seperti yang sudah kami sampaikan diatas.

, , , ,