Sponsors Link

15 Terapi Sinusitis Dijamin Ampuh Menyembuhkan

Sponsors Link

Sinusitis adalah salah satu jenis penyakit yang menyerang organ hidung atau sinus. Penyakit sinusitis ditandai dengan terjadinya pembengkakkan dan peradangan atau inflamasi yang menyerang dibagian dinding rongga hidung atau sinus yang berukuran kecil dan berisi udara. Karena terjadi pembengkakkan, hidung tidka dpaat menjalankan fungsionalnya seperti biasa. Hidung akan terasa tersumbat dan kesulitan dalam mengidentifikasi bau. Dan tahukah anda? Bahwa sinusitis ternyata tidak hanya dapat dialami oleh penderita yang berusia dewasa saja. Namun sinusitis juga dapat menyerang penderita berusia anak anak. Hal ini tentunya disebabkan oleh banyak faktor. Jika pada usia muda atau anak anak biasanya disebabkan oleh paparan asap (bisa berasal dari anggota keluarga yang merokok), tertular oleh teman sepermainannya, dan bahkan bagi yang berumur balita bisa disebabkan karena kebiasaan mengedot dengan posisi berbaring.

ads

Dan untuk penderita yang berusia dewasa, penyakit sinusitis disebabkan karena terjadinya infeksi dari mikororganisme jahat yang membawa bibit berupa virus, bakteri dan jamur. Mikroorganisme tersbut berasal dari lingkungan yang kotor dan kebersihan diri yang tidka terjaga. Selain itu juga dpaat terjadi akibat gaya hidup yang tidak sehat, seperti menjadi perokok aktif. Dan kemungkinan lainnya penyebab dari penyakit ini juga bisa disebabkan adanya Rhinogenetik (riwayat kelainan bagian rongga hidung atau sinus) dan Dentogenik (kelainan dibagian gigi).

Penyakit ini pun memiliki gejala yang beragam, mulai dari hidung tersumbat, terjadi pembengkakkan dalam rongga hidung, rasa nyeri yang luar biasa, sakit kepala dan gigi yang tak kunjung henti, perih dibagian mata, dan masih banyak gejala lainnya. Oleh karena itu, meskipun penyakit ini hanya menyerang di bagian rongga hidung atau sinus saja, penyakit sinusitis dapat memberikan efek sakit yang luar biasa terhadap tubuh anda. Sehingga pastikan anda tahu bagaiimana cara mengobati penyakit ini.

Jenis Jenis Terapi Sinusitis

Berikut adalah beberapa jenis terapi yang bisa anda gunakan untuk mengobati penyakit sinusitis:

  1. Terapi Air Hangat

Terapi ini adalah terapi dengan bahan yang sangat mudah anda dapatkan. Pastikan air hangat yang anda gunakan adalah air yang bersih. Menurut penelitian, air hangat dapat memberikan manfaat berupa meredakan peradangan atau inflamasi pada rongga hidung, selain itu juga dapat membantu pengeluaran lendir dan cairan yang terdapat didalam hidung. Cara pelaksanaan terapi ini juga beragam, anda bisa menggunakan air hangat untuk konsumsi, untuk dihirup uapnya, atau juga bisa untuk media kompres. Apabila anda memilih untuk menggunakan uap air hangat sebagai jenis terapi, pastikan anda menggunakan handuk kecil yang bersih untuk menutup bagian wajah lainnya selain hidung. Hal ini berguna agar uap air hangat dapat terfokus terkena bagian hidung saja. Dan apabila anda memilih air hangat sebagai media mengkompres, maka kompreslah seluruh bagian wajah, tidak hanya dibagian hidung saja. Dan hindari untuk memberikan tekanan yang terlalu kuat pada bagian tertentu karena dapat menyebabkan rasa nyeri yang sangat menyiksa.

  1. Terapi Non Farmakologi (Terapi Pola Hidup Sehat)

Terapi ini adalah terapi yang ampuh untuk mengobati segala macam penyakit yang anda derita. Pola hidup sehat adalah kunci untuk membasmi virus jahat yang datang membawa bibit penyakit. Anda bisa memulai gaya hidup sehat dengan berhenti menjadi perokok aktif, menjaga kebersihan lingkungan sekitar agar tidak menjadi sarang bakteri dan jamur, membiasakan makan makanan yang hygenis, dan ketat dalam menjaga kebersihan diri terutama menjaga kebersihan bagian gigi atau bagian mulut. Dengan menjalankan terapi ini, tidak hanya berfungsi untuk mengobati namun juga mencegah bibit penyakit dan membuat anda berumur lebih panjang.


  1. Terapi Laser

Untuk melakukan jenis terapi ini mungkin anda membutuhkan bantuan dokter atau bantuan pihak medis. Teknik terapi yang menggunakan laser atau inframerah berguna untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh dan meredakan serta mengatasi secara tuntas peradangan atau inflamasi di rongga hidung anda. Biasanya terapi ini dilakukan selama 4x dalam seminggu, selain itu selama menjalani terapi ini anda akna dibekali beberapa jenis obat yang harus dikonsumsi secara waktu sesuai dosis dan arahan dokter.

  1. Imunoterapi

Imunoterapi adalahs salah satu jenis terapi yang terfokus pada peningkatan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh. Apabila sistem imun dalam keadaan baik, maka bakteri dan virus akan terkalahkan dan pergi dengan sendirinya. Pada jenis terapi ini, anda biasanya akan diarahkan untuk mengkonsumsi berbagai makanan yang memiliki kadar vitamin dan antioksidan yang tinggi. Imunoterapi ini juga sangat dianjurkan bagi anda yang memiliki riwayat alergi.

  1. Terapi Air Garam

Tahukah anda bawa air garam adalah sumber alami dari antibakteri? Air garam mampu untuk membunuh bakteri yang menempel pada kulit anda. Untuk melakukan terapi ini, ada dua metode yang bisa anda pilih, yaitu sebagai berikut :

  • Teknik Uap Air

Pada teknik ini, anda cukup merebus air bersih dengan ditambah beberapa sendok teh garam saja. Rebuslah menggunakan panci yang tertutup, biarkan kurang lebih selama 5 menit. Setelah itu buka penutup panci dan gunakan uapnya untuk anda hirup. Pastikan uap tersebut masuk melalui lobang hidung anda. Menggunakan uap dari air garam akan membunuhh bakteri dan jamur yang menempel di sisi sisi rongga hidung anda.

  • Teknik Pot Neti

Yang dimaksud dengan pot neti adalah melakukan metode ini menggunakan teko atau ceret yang berukuran kecil. Gunakan air hangat bersih yang ditambahkan 1 sendok teh garam. Masukan larutan tersebut ke hidung bagian kiri, diamkan sejenak dan biarkan air keluar melalui hidung bagian kanan. Untuk melakukan metode ini, sebaiknya anda mencari bantuan dari orang lain agar dapat berjalan lebih mudah. Menggunakan teknik pot neti akan membantu anda mengeluarkan lendir dan cairan didalam hidung anda.

  1. Terapi Obat

Ada banyak tipe pengobatan yang bisa anda gunakan untuk menyembuhkan penyakit sinusitis, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Kostikosteroid (obat ini sangat cocok digunakan untuk penderita sinusitis dan sangat aman karena tidak memberikan efek samping tertentu.
  • Dekongestan (obat ini bisa anda dapatkan dengan melakukan konsultasi kepada dokter terlebih dahulu. Obat ini juga tidak cocok apabila dipakai dalam jangka waktu yang lama seperti lebih dari seminggu pemakaian)
  • Semprotan hidung (banyak orang yang menyarankan penggunaan semprotan hidung untuk menyembuhkan sinusitis. Umumnya semprotan hidung berisi kandungan saline, air matang, garam dan soda bikarbonat).
  • Obat pereda nyeri (jenis obat seperti paracetamol bisa anda jadikan pilihan untuk mengurangi rasa nyeri akibat penyakit sinusitis

     7. Terapi Bawang Putih

Bawang putih nyatanya tidak hanya digunakan untuk bumbu memasak, namun juga dapat menjadi obat herbal. Kandungan antioksidan yang tinggi didalam bawang putih cocok untuk dijadikan obat bagi penderita penyakit sinusitis. Cara penggunaannya pun mudah. Tumbuklah hingga halus beberapa siung bawang putih, dan oleskan itu di hidung bagian luar saja. Ada beberapa saran pula untuk menggunakan bawang putih dengan cara mengkonsumsinya langsung.

  1. Terapi Buah Masam

Jika anda sedang menderita penyakit sinusitis, cobalah untuk memperbanyak konsumsi buah – buahan yang bersifat masam, seperti jeruk, belimbing, dan lain lain. Buah yang masam memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C yang tinggi dapat meningkatkan kekebalan tubuh anda sehingga dapat mengusir bakteri, jamur, dan virus yang ada didalam tubuh. Cara mengkonsumsinya pun bisa beragam, anda bisa mengkonsumsinya secara langsung ataupun bisa dengan cara diolah dulu menjadi jus. Sebaiknya saat dibuat jus, hindari penggunaan gula. Anda bisa mensiasati rasa masamnya dengan menggunakan beberapa sendok madu sebagai pengganti gula.

  1. Terapi Air Jahe

Siapa sangka air jahe juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit sinusitis. Untuk pembuatannya pun sangat mudah, cukup rebus air bersih dengan beberapa potong jahe. Kemudian minumlah air jahe seperti biasa. Air jahe dianggap mampu mengurangi peradangan dan mengatasi produksi lendir atau cairan berlebih didalam rongga hidung. Terapi ini bisa sangat ampuh dirasakan khasiatnya apabila dilakukan secara rutin, minumlah air jahe ini terutama pada pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari sebelum anda hendak beristirahat.

  1. Terapi Nanas

Kandungan senyawa bromelain yang ada didalam nanas nyatanya mampu mengurangi peradangan. Sehingga disarankan bagi anda penderita penyakit sinusitis untuk dapat mengkonsumsi nanas. Namun hal yang perlu diperhatikan, janganlah mengkonsumsi nanas bersamaan dengan saat anda mengkonsumsi obat. Berilah jarak yang cukup lama dalam mengkonsumsinya. Karena apabila anda mengkonsumsinya bersamaan, maka nanas akan membuat pengaruh dari obat terbut hilang.

  1. Terapi Lobak

Lobak adalah salah satu sayuran yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan berfungsi sebagai filter dari berbagai macam mikroorganisme jahat yang ingin mnyerang tubuh. Selain itu kandungan senyawa sulfur didalam lobak juga bermanfaat mematikan bibit penyakit sinusitis. Lobak juga daoat melarutkan lendir dan memiliki memampuan anti inflamasi dan anti histamine yang tinggi. Cara pengkonsumsiannya pun bisa disesuaikan dengan selera anda, bisa dimasak menjadi olahan makanan ataupun hanya di rebus matang saja,

  1. Terapi Minyak Kayu Putih

Pada metode terapi ini sama dengan langkah melakukan metode air garam. Hanya saja media garamnya dibuah dengan minyak kayu putih. Minyak kayu putih adalah salah satu jenis minyak esensial yang memberikan sensasi menyegarkan apabila dihirup oleh hidung. Selain itu sensasi menghangatkan dari minyak kayu putih juga dapat melarutkan lendir untuk dapat keluar dari rongga hidung. Anda bisa melakukan metode ini berselingan dengan melakukan metode uap air garam.


  1. Terapi Air Putih

Air putiha dalah kunci dari tubuh yang sehat. Mengkonsumsi air putih secara cukup dapat melarutkan bakteri jahat yang ada didalam tubuh. Air putih juga menghindarkan anda dari kemungkinan mengalami dehidrasi. Karena pada penderita penyakit sinusitis, produksi lendir dan cairan akan jauh lebih banyak daripada biasanya. Sehingga apabila tidak dibarengi dengan konsumsi air putih yang cukup, maka akan berdampak tidak baik pada sistem metabolisme tubuh.

  1. Terapi Makan Makanan Pedas

Bagi anda pecinta makanan pedas tentulah hal ini cukup menyenangkan. Dibandingkan beberapa jenis terapi lainnya, terapi ini lah yang mungkin akan menguntungkan anda. Anda bisa memakan makanan pedas dalam jumlah yang tidak melewati batas. Anda bisa mulai mengkonsumsi cabai, lada, paprika, wasabi, dan lain lain. Makanan pedas bermanfaat untuk mengeluarkan cairan dan lendir didalam hidung.

  1. Terapi Cuka Apel

Cuka apel adalah jenis larutan yang memiliki bau khas yang cukup menyengat. Meskipun sebagian orang merasa terganggu dengan bau cuka apel, siapa sangka cuka apel dapat menyembuhkan penyakit sinusitis. Cara membuatnya pun sangat mudah. Siapkan terlebih dahulu bahan yang dibutuhkan seperti 2 sdt cuka apel, 1 sdt madu, dan air hangat. Campurkan semua bahan dan aduk merata. Minumlah larutan ini setidaknya sehari sekali untuk menyembuhkan sinusitis.

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan