Sponsors Link

6 Terapi Tinnitus Paling Ampuh Mengobati

Sponsors Link

Tinnitus merupakan timbulnya sensasi seperti suara berdenging atau mendesis di salah satu bagian telinga atau bahkan keduanya yang akan mengganggu fungsi daun telinga. Penyebab umum dari tinnitus ini diantaranya adalah kerusakan yang terjadi pada telinga bagian dalam, masalah pendengaran berkaitan dengan usia, stres, tekanan cairan di dalam telinga dan juga kerusakan yang terjadi karena suara terlalu keras.

ads

Pengobatan yang tepat untuk tinnitus tergantung dari penyebab yang mendasari tinnitus tersebut seperti terapi tinnitus, membersihkan kotoran telinga, penggunaan beberapa jenis bahan alami dan lain sebagainya. Dalam ulasan kali ini, kami akan memberikan beberapa cara mengatasi telinga berdengung dengan cara terapi penyakit tinnitus yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan penyebab tinnitus yang anda alami.

  1. Terapi Kranio Sacral

Terapi kranio sacral merupakan jenis pengobatan yang dirancang untuk memperbaiki aliran cairan yakni cairan tulang belakang serebral di sekitar otak dan sepanjang tulang belakang yang menjadi penyebab telinga berdengung. Nantinya, terapi akan mengobati penderita tinnitus yang umumnya sudah bisa disembuhkan hanya dalam satu kali perawatan saja.

  1. Terapi Suara

Terapi penyakit tinnitus berikutnya yakni terapi suara yang dilakukan dengan cara mengisi beberapa jenis suara pada jam tidur penderita tinnitus secara berulang ulang. Terapi suara ini akan membuat penderita lebih tenang dan sekaligus sebagai cara mengobati telinga berdengung yang ditimbulkan dari tinnitus dengan suara yang lebih menyenangkan seperti suara air, suara pohon dan berbagai suara lain yang lebih menenangkan.

  1. Tinnitus Retraining Therapy

Tinnitus retraining therapy [TRT] merupakan terapi jenis khusus yang bertujuan untuk membantu otak dalam merespons tinnitus sehingga tidak terlalu disadari penderita. Ini juga merupakan terapi tinnitus yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah telinga berdengung dan cara mengatasi telinga kemasukan air.

Pada dasarnya, terapi ini bekerja dengan cara memanfaatkan kemampuan otak untuk habituasi dimana nantinya otak akan secara pasif terbiasa dengan suara suara tertentu. Otak yang sudah terbiasa dengan beberapa jenis suara tertentu tersebut akhirnya juga bisa dirasakan pada alam bawah sadar penderita sehingga pasien tidak lagi menyadari jika suara tersebut sebenarnya merupakan gangguan.

  1. Cognitive Behavioural Theraphy

Cognitive Behavioural Therapy [CBT] atau terapi perilaku kognitif adalah terapi penyakit tinnitus yang juga digunakan untuk mengatasi kesehatan mental, kecemasan dan juga depresi atas dasar pikiran berpengaruh dengan cara seseorang untuk berperilaku. Pengobatan ini bertujuan untuk melatih kembali cara penderita tinnitus untuk berpikir dan mengubah perilaku yang efektif diterapkan pada penderita tinnitus dan cara merawat telinga agar tidak tuli.

Seseorang yang baru saja pertama kali terkena tinnitus dan mempunyai pengetahuan terbatas kemungkinan akan langsung merasa cemas dan depresi sehingga tinnitus akan semakin buruk. Mengubah pola pikir tentang tinnitus sangat baik untuk mengurangi kecemasan sehingga penderita akan lebih terbiasa untuk menerima suara bising yang semakin lama akan semakin berkurang.


  1. Experimental Therapies

Experimental therapies atau terapi eksperimental merupakan terapi tinnitus terbaru dan sedang dalam tahap pengembangan akan tetapi belum sepenuhnya divalidasi untuk penggunaan klinis yang cukup efektif. Perawatan ini dinamakan eksperimental karena sebagian besar terapi prospektif dirangkum menjadi satu dengan hasil yang cukup menjanjikan.

  1. Stimulasi Magnetik Transkranial Repertitif

Stimulasi elektromagnetik kuat yang bisa mengurangi aktivitas saraf. Tinnitus yang dipercaya sebagai fungsi hiperaktif pada korteks saraf otak ini dipercaya cocok untuk mengurangi persepsi dan tingkat keparahan tinnitus. Stimulasi magnetik transkranial repetitif ini memakai kumparan magnetik non invasif yang sangat kuat dan diposisikan dengan sangat hati hati pada kepala pasien untuk menghasilkan gelombang elektromagnetik ke dalam jaringan otak. Dari data yang didapatkan hasil yang beragam dan terbukti ampuh untuk mengatasi tinnitus sekaligus cara mengatasi telinga bernanah.

Terapi tinnitus menjadi cara alternatif untuk menyembuhkan tinnitus atau telinga berdengung selain menggunakan pengobatan medis dan juga beberapa bahan alami sehingga proses penyembuhan tinnitus satu dari sekian banyak macam macam penyakit telinga ini bisa lebih cepat.

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan