Sponsors Link

12 Tips Menghilangkan Hidung Mampet dengan Mudah dan Aman

Sponsors Link

Hidung mampet atau hidung tersumbat adalah sesuatu yang menjengkelkan. Jika hidung mampet maka kegiatan bernapas menjadi hal yang sulit dilakukan. Apapun penyebab hidung mampet dari pilek, flu maupun alergi tentunya dapat membuat Anda cepat lelah.

ads

Sebenarnya penyebab hidung mampet adalah adanya peradangan pembuluh darah sinus. Ketika hidung mengalami iritasi maka dapat membuat katup pembuluh darah terbuka. Kondisi inilah yang mengakibatkan adanya darah mengalir dalam hidung sehingga terjadi pembengkakan dan Anda pun menjadi kesulitan bernapas.  Berikut disajikan tips menghilangkan hidung mampet dengan mudah dan aman yang bisa Anda lakukan.

  1. Minum Banyak Air

Tips untuk menghilangkan hidung mampet yang pertama adalah dengan mengonsumsi banyak air terutama air hangat. Anda pun dapat mengonsumsi air hangat dengan mengolahnya sebagai teh jahe, lemon maupun mint untuk memudahkan pernapasan. Air hangat ini sangat berkhasiat untuk menyembuhkan nyeri akibat hidung mampet, mengencerkan lendir pada saluran hidung serta obat radang tenggorokan yang manjur dan cepat sembuh.

  1. Makanan Pedas

Selain sebagai obat polip hidung tanpa operasi, makanan pedas juga dapat menghilangkan hidung mampet. Dengan mengonsumsi makanan pedas maka lendir dari dalam hidung dapat keluar dengan sendirinya.

  1. Berkumur dengan Garam

Berkumur dengan garam juga merupakan langkah mudah untuk menghilangkan hidung mampet. Anda hanya perlu mencampurkan garam ke dalam air hangat dan mengaduknya hingga larut. Kemudian berkumurlah dengan larutan garam tersebut beberapa kali. Cara ini dapat membuka sumbatan pada hidung dan mengalirkan lendir dengan cepat. Berkumur dengan air garam juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan radang tenggorokan dengan cepat.

  1. Minyak Kayu Putih

Telah terbukti secara ilmiah bahwa minyak kayu putih dapat membunuh bakteri penyebab sinusitis maupun hidung tersumbat. Untuk penggunaannya, condongkan wajah Anda dalam wadah yang sudah diisi campuran air panas dengan beberapa tetes minyak kayu putih. Barulah hirup uap larutan minyak kayu putih tersebut selama kurang lebih 10 menit.

  1. Kunyah Bawang Putih

Kandungan agen anti jamur dan anti bakteri dalam bawang putih dapat digunakan untuk mengatasi hidung mampet akibat flu dan demam. Anda dapat mengunyah bawang putih dalam keadaan mentah untuk mendapatkan khasiatnya ini. Jika tidak suka dengan rasa getirnya, maka campurlah tumbukan bawang putih dengan air panas dan uapilah wajah selama 10 menit. Bawang putih juga berkhasiat digunakan sebagai cara mengobati radang telinga.

  1. Sup Ayam

Semangkuk sup ayam sangat baik dikonsumsi untuk membuka hidung yang mampet. Hal ini karena di dalam sup ayam terdapat zat sistein yang dapat meredakan sumbatan pada hidung dan mengencerkan lendir. Selain itu sup ayam juga sangat baik digunakan sebagai cara menyembuhkan hidung meler.


  1. Teh Herbal

Obat paling aman untuk menghilangkan hidung mampet adalah teh herbal. Dengan mengonsumsi teh herbal maka iritasi pada hidung dapat terkurangi. Tidak hanya itu, lendir pun menjadi encer dan drainase hidung juga dapat menjalankan fungsinya kembali.

  1. Jeruk Hangat

Jeruk nipis hangat juga dapat dikonsumsi untuk mengatasi hidung mampet dengan cepat. Selain itu nutrisi dalam jeruk hangat ini juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga Anda pun tidak mudah terserang penyakit.

  1. Steaming

Menghilangkan hidung mampet dengan melakukan steaming adalah solusi efektif agar Anda dapat bernapas dengan mudah. Caranya isilah baskom dengan air mendidih kemudian balut kepala Anda dengan handuk. Biarkan uap langsung terhirup ke hidung dan mengenai wajah selama kurang lebih 10 menit. Anda dapat melakukan langkah ini 2-3 kali sehari hingga dapat bernapas lega seperti sedia kala. Dengan melakukan steaming maka lendir dan racun dari dalam tubuh dapat terbuang. Steaming juga sangat efektif digunakan sebagai cara mengatasi rhinitis alergi.

  1. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat juga merupakan cara efektif unutk mengatasi hidung tersumbat. Dengan mandi air hangat apalagi sebelum tidur maka uap dari air dapat menembus hidung dan melegakannya secara alami.


  1. Posisi Kepala Saat Tidur

Untuk mengatasi hidung mampet, Anda dapat mengubah posisi kepala saat tidur dengan cara meninggikan kepala dan menopangnya menggunakan bantal tambahan. Dengan cara ini maka lendir yang berada di dalam hidung akan keluar dengan sendirinya. Anda dapat meninggikan kepala dengan menopangnya dengan bantal tambahan. Tidak hanya itu, langkah ini juga dapat memudahkan Anda untuk bernapas saat tidur.

  1. Sering Buang Ingus

Anda perlu sering-sering membuang ingus jika hidung dalam keadaan mampet. Jangan mengeluarkan ingus dengan terlalu keras juga karena dapat membawa kuman kembali telinga. Langkah yang paling tepat yakni menutup aliran udara dengan jari di satu lubang hidung kemudian membuang ingus dengan lubang satunya.

Itulah 12 tips menghilangkan hidung mampet dengan mudah dan aman yang dapat Anda lakukan. Penggunaan cara-cara di atas tanpa efek samping sehingga dapat Anda lakukan sendiri. Namun jika hidung mampet tak kunjung sembuh dalam waktu yang lama, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter.

, , ,