Sponsors Link

7 Tips Meredakan Sakit Tenggorokan Aman dan Ampuh

Sponsors Link

Tenggorokan merupakan jalan masuknya udara dan makanan. Jika terjadi masalah pada tenggorokan maka kita akan kesulitan dalam bernafas dan memasukkan makanan ke dalam tubuh yang akhirnya membuat ketidak nyamanan pastinya. Masalah tenggorokan yang paling sering terjadi adalah radang tenggorokan dimana tenggorokan akan terasa sakit. Kadang tenggorokan juga terasa panas. Penyebab Tenggorokan Panas salah satunya adalah terlalu banyak makan makanan pedas dan berbumbu. Hampir semua orang sudah tau kalau radang tenggorokan diakibatkan oleh infeksi virus atau bakteri yang terbawa oleh makanan yang kita makan.

ads

Makanan yang membawa virus atau bakteri itu biasanya adalah makanan yang kotor. Seperti jajanan di pinggir jalan yang cenderung lebih memungkinkan lebih banyak terkena debu. Itulah sebabnya sakit tenggorokan juga lebih sering menyerang anak kecil dan remaja. Sedangkan orang dewasa cenderung lebih memperhatikan kebersihan dan terhindar dari virus dan bakteri penyebab sakit tenggorokan. Namun tidak usah khawatir jika anda atau anak anda mengalami sakit tenggorokan. Beberapa Obat Radang Tenggorokan dapat anda temui diberbagai apotek tanpa resep dokter. Namun jika ingin aman ada baiknya anda tetap konsultasi ke dokter dulu sebelum meminum obat.

Selain diakibatkan oleh infeksi, sakit tenggorokan juga dapat diakibatkan oleh alergi. Alergi membuat sistem imun kita menolak zat atau benda yang menurutnya asing dan membahayakan tubuh walaupun sebenarnya tidak. Allergen atau zat yang membuat kita alergi masuk kedalam tubuh biasanya malalui saluran pernafasan seperti hidung atau mulut. Itu sebabnya tenggorokan menjadi salah satu bagaian yang terkana imbasnya. Selain dengan obat-obatan yang dibeli di apotek, anda juga bisa melakukan beberapa tips meredakan sakit tenggorokan yang mudah dilakukan di rumah dan aman untuk orang dewasa ataupun anak-anak. Berikut 7 tips meredakan sakit tenggorokan:

  1. Minum air putih

Minum air putih adalah tips pertama yang bisa anda lakukan saat anda merasakan sakit tenggorokan. Air putih akan membantu dinding tenggorokan atau mukosa anda tetap lembab dan mengencerkan dahak jika terdapat dahak yang mengental yang juga mengakibakan sakit pada tenggorokan. Selain itu air putih memang bagus dikonsumsi setiap orang untuk menjaga metabolisme tubuh. Para ahli sepakat untuk memberi anjuran meminum air putih sebanyak 8 hingga 12 gelas setiap hari.

  1. Kompres leher dengan air hangat

Kompres bagian leher anda dengan air hangat. Itu bertujuan untuk meredakan radang pada tenggorokan dari luar. Jika peradangan mulai mereda makan rasa sakit pun akan ikut hilang. Anda bisa mengompres leher menggunakan handuk kecil yang sudah dibasahi dengan air hangat lalu tempelkan di bagain leher bawah anda atau dibawah dagu. Biarkan handuk menempel hingga tidak terasa hangat lagi. Ulangi cara itu sebanyak 3 sampai 5 kali untuk mendapatkan hasil yang lebih terasa.

  1. Menghindari asap rokok

Menghindari asap rokok sama juga halnya dengan menghindari asap atau polusi dari mobil atau industry pabrik. Jika anda merokok ada baiknya anda berhenti merokok agar tidak menimbulkan masalah yang lebih parah seperti kanker tenggorokan atau pita suara. Begitu juga dengan perokok pasif, asap rokok yang dihasilkan oleh perokok aktif dapat bersifat iritatif yang dapat memperparah peradangan.

  1. Kurangi berbicara

Mengurangi kegiatan berbicara juga menjadi salah satu tips meredakan sakit tenggorokan yang cukup efektif dan mudah dilakukan. Dengan mengurangi berbicara maka anda juga mengurangi resiko terjadinya iritasi lebih parah pada tenggorokan anda. Anda bisa menggunakan alat bantu seperti pulpen dan kertas jika menghasukan untuk berbicara.


  1. Makan buah

Buah-buahan dan sayuran memang sangat baik dikonsumsi. Terutama untuk orang yang sedang sakit. Itu karena nutrisi yang terdapat dalam kedua bahan makanan itu sangat dibutuhkan tubuh untuk memulihkan sistem imun dan kembali sehat. Sakit tenggorokan biasanya membuat orang malas untuk makan karena akan terasa sakit, namuan tidak ada salahnya anda mencoba mengkonsumsi beberapa buah yang justru dapat meredakan rasa sakit tenggorokan anda. Buah itu salah satunya adalah pisang. Pisang memiliki tekstur yang cenderung lebih lembut sehingga tidak membuat anda terlalu sakit saat menelannya. Jika ingin lebih aman anda bisa membuat jus pisang. Buah pisang sendiri mengandung potassium yang mampu meredakan peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Jaga asupan makanan

Untuk mempercepat proses penyembuhan sakit tenggorokan anda juga harus mengindari makanan tertentu seperti makanan yang pedas. Jika bisa anda juga disarankan mengkonsumsi makanan yang memiliki sifat menghangatkan dan melegakan seperti jahe, lemon, atau daun mint.

  1. Istirahat yang cukup

Tips meredakan sakit tenggorokan yang terakhir adalah dengan istirahat yang cukup. Mau tidak mau tubuh anda memerlukan istirahat yang cukup untuk memulihkan kesehatan tubuh. Walaupun sakit tenggorokan tidak separah sakit lainnya namun dengan istirahat yang cukup akan membantu anda memulihkan tenggorokan lebih cepat.

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan