Sponsors Link

9 Penyebab Tulang Hidung Terasa Sakit yang Sering di Abaikan

Sponsors Link

Rasa nyeri dan sakit yang terjadi pada tulang hidung dan pangkal hidung bisa terjadi karena berbagai sebab seperti alergi hidung, sinusitis dan juga kelainan tulang penyekat hidung yang bengkok. Selain itulah, jaringan lunak yang menempel dengan jaringan lunak disebelahnya yang dinamakan dengan septum deviasi juga mengakibatkan kontak mukosa dengan mukosa lain dan akhirnya terjadi rasa sakit di tulang hidung. Selain beberapa hal yang sudah disebutkan, masih banyak hal lainnya yang menjadi penyebab tulang hidung terasa sakit seperti pada artikel yang kami bahas pada kesempatan kali ini.

ads
  1. Tekanan Udara

Rasa sakit yang terjadi pada tulang hidung bisa terjadi di saat seseorang naik pesawat. Perbedaaan dan perubahan tekanan udara yang terjadi secara tiba tiba bisa mengakibatkan turbulensi. Di bagian dalam telinga terdapat saluran eustachian atau tuba yang menjadi penghubung rongga telinga bagian tengah dengan nasfaring atau hidung dan tenggorokan.  Tuba eustachian tersebut berfungsi untuk menyesuaikan tekanan telinga bagian tengaj dengan perubahan yang terjadi pada tekanan atmosfer saat berada di udara. Gangguan yang terjadi pada tuba itu akhirnya menimbulkan gangguan pernapasan khususnya di bagian hidung dan juga telinga serta timbul rasa sakit di tulang hidung.

  1. Virus

Virus seperti yang menjadi penyebab sinusitis biasanya terjadi saat udara sedang dingin dan juga pilek yang terjadi karena virus akan membuat jaringan di dalam hidung mengalami pembengkakan lalu menjadi penghalang lubang untuk mengalirkan cairan sinus. Pada saat ini terjadi, maka bagian tulang hidung akan terasa sakit dan diikuti juga dengan beberapa gejala lain seperti hidung tersumbat, kesulitan bernafas dan lain sebagainya.

  1. Alergi

Apabila terjadi peradangan pada rongga hidung, maka saluran udara akan terhambat untuk mencegah bagian dalam hidung menjadi kering yang sering dihubungkan dengan sinusitis. Dari sebuah penelitian membuktikan jika penderita sinusitis yang juga mempunyai masalah alergi akan meningkatkan risiko sinusitis yang lebih kompleks dan akhirnya bisa menimbulkan rasa sakit di bagian tulang hidung karena penumpukan cairan.

  1. Bakteri

Bakteri penyebab sinusitis atau flu berkepanjangan tidak hanya bisa menimbulkan komplikasi, akan tetapi juga menyebabkan beberapa masalah pada hidung seperti tersumbat terasa sakit pada tulang hidung dan sebagainya.

  1. Polip

Penyebab polip adalah daging tumbuh yang kemudian berkembang di dalam hidung atau saluran sinus. Jika ini terjadi, maka rongga sinus akan terhambat dan membatasi saluran udara dan jika terus dibiarkan bisa menimbulkan sakit kepala dan juga sakit pada tulang hidung.

  1. Iritasi Polutan Udara

Iritasi yang terjadi karena polutan atau alergen yang disebabkan polusi, debu, udara di tempat terbuka dan juga bau menyengat seperti parfum akan menimbulkan masalah di area hidung seperti iritasi hidung, asma, sakit pada tulang hidung dan berbagai masalah lainnya.


  1. Menyelam dan Berenang

Beberapa olahraga air seperti berenang dan menyelam juga menjadi penyebab dari tulang hidung sakit atau nyeri. Berenang di kolam renang yang mengandung klorin bisa menimbulkan rasa sakit di bagian tulang hidung. Sementara menyelam, maka air bisa terdorong menuju sinus dan akhirnya menimbulkan iritasi dan rasa nyeri di sekitar area hidung.

  1. Jamur

Jamur yang menjadi penyebab sinusitis memang sangat jarang terjadi. Namun, jika infeksi jamur terjadi, maka sistem kekebalan tubuh semakin turun sehingga membuat badan semakin rentan sekaligus terjadi sensasi tidak enak dan menyakitkan di seluruh bagian hidung.

  1. Kelembaban Udara Kurang

Saat ada lendir yang menumpuk di dalam hidung dalam waktu lama, maka area hidung akan kehilangan air dan tumpukan lendir tersebut semakin tebal. Ini akan menjadi faktor penyebab sinusitis semakin parah. Pada saat ini terjadi, maka timbul rasa nyeri di area hidung, aliran nafas tersumbat, perih dan juga iritasi yang terjadi di sekitar hidung.

Selain beberapa penyebab yang sudah kami sebutkan, masih banyak hal yang menyebabkan tulang hidung terasa sakit. Untuk melakukan langkah pencegahan, jauhi berbagai masalah udara seperti polusi dan debu serta jangan memperlakukan hidung dengan buruk seperti mengoreknya dengan keras atau benda tajam.

, ,